Pemerintah Kota Surakarta
Sampaikan Apresiasi,Walikota Gibran Minta ASN Purna Tugas Tetap Berinovasi dan Berkarya
  August 25, 2021 09:45

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan apresiasinya atas pengabdian 40 ASN ( Pegawai Negeri Sipil ) yang akan memasuki purna tugas TMT ( Terhitung Mulai Tanggal ) 1 September 2021 mendatang, Rabu (25/8/2021) saat memberikan sambutan pelepasan para ASN yang pensiun di Bale Tawangarum, Balaikota Surakarta.

Atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Kota Surakarta, Gibran menyampaikan hormat dan apresiasi pada para PNS yang akan pensiun yang telah mengabdi dan mengorbankan waktu dan tenaga, mencurahkan pikiran serta berkontribusi dalam membangun Kota Surakarta menjadi salah satu kota yang paling berpengaruh di Indonesia.

“Penghargaan yang kita raih bukan karena peran dari satu dua orang saja, namun kita sebagai kesatuan Pemerintah Kota Surakarta. Pensiun bukan akhir segalanya, Bapak Ibu sekalian masih dapat berkontribusi pada masyarakat dengan cara – cara yang lain,” ucap Gibran.

Orang nomor satu di Kota Surakarta tersebut, mengharapkan para calon purna tugas untuk terus berinovasi dan bekerja memberikan manfaat untuk keluarga dan orang lain. Terlebih pada saat Pandemi Covid 19 ini, pengalaman, kematangan, ketenangan dan kesabaran dari para senior dibutuhkan oleh anak – anak muda.

“Apapun itu bentuknya, Pemerintah Kota Surakarta terbuka untuk menerima masukan dan kritik dari para senior. Kami masih membutuhkan bimbingan untuk menjawab segala permasalahan di lingkungan Pemkot Surakarta itu sendiri,” kata Walikota.

Walikota menandaskan akan berdoa untuk para purna tugas PNS dianugerahi panjang umur, kesehatan, kesejahteraan lahir dan batin sehingga tetap bersemangat melanjutkan pengabdian untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta, Nur Hariyani mengungkapkan jumlah Aparatur Sipil Negara yang bakal purna tugas TMT 1 September mendatang sebanyak 40 PNS yang terdiri dari pejabat struktural eselon II sebanyak 1 orang yakni Toto Amanto, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT), pejabat struktural eselon III sebanyak  2 orang ( Sekretaris Capil dan Kabid Disnakerin ), pejabat struktural eselon IV sebanyak 5 orang, pejabat fungsional guru sebanyak 19 orang dan pejabat fungsional lainnya sebanyak 13 orang. 

“Pada para pensiunan akan diberikan rincian penerimaan tunjangan hari tua serta rincian pensiun pertama yang akan diterimakan secara non tunai melalui kartu prabayar yang telah Bapak Ibu tunjuk,” jelas Hariyani.

Maksud kegiatan Pelepasan Purna Tugas PNS Pensiun, menurut Haryani adalah memberikan ucapan terimakasih sekaligus sebagai bentuk pengabdian dan loyalitas para PNS terhadap Pemerintah Kota Surakarta.

Saat ini PT Taspen tidak menerbitkan Karip ( Kartu Identitas Pensiun ) dan sebagai gantinya diberikan SIM Card sebagai pengganti kartu ATM di bank yang sudah ditunjuk PNS yang akan purna tugas. 

Selain itu BKPPD juga bekerjasama dengan Disduk Capil dimana PNS pensiun yang merupakan warga Kota Surakarta akan menerima Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk sesuai dengan status pekerjaan yang baru TMT 1 September 2021. Dari 40 ASN yang akan purna tugas, terdapat 26 PNS yang merupakan warga Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

245

Visitors today

193

Visits total

380,841

Visitors total

298,062

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta