Terima Bantuan Oksigen Tahap Ketiga, Pemerintah Kota Surakarta Apresiasi Kepedulian Bank Indonesia
September 14, 2021 15:10
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Tinjau Vaksinasi di ITS PKU Muhammadiyah
September 15, 2021 09:14

Gibran – Teguh Hadiri Rakernas Akutansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2021

Surakarta-Walikota Surakarta Gibran Rakabuming didampingi Wakil Walikota Teguh Prakosa, Sekda Ahyani, dan Ketua DPRD Budi Prasetya mengikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Pemerintah Tahun 2021 secara virtual di Bale Tawangarum, Selasa (14/9). Rapat Kerja dipimpin langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam rapat tersebut juga disampaikan penghargaan kepada beberapa Lembaga dan Kota Kabupaten atas capaian laporan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Kota Solo sendiri juga mendapat penghargaan atas capaian WTP 11 kali berturut-turut hingga Tahun Anggaran 2020 lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui adanya perbaikan dalam kualitas laporan keuangan pemerintah daerah selama situasi krisis saat ini.Menurutnya, hal tersebut merupakan prestasi yang tidak mudah dan sederhana. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga melihat adanya peningkatan kualitas laporan keuangan pemerintahan daerah atau pemda. 

“Sebanyak 486 dari 542 pemerintah daerah atau 89,7 persen mendapatkan opini WTP. Terdiri dari 33 provinsi, 88 pemerintah kota, dan 365 pemerintah kabupaten di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menkeu menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh kementerian serta lembaga, dan pemda yang terus menjaga dan mengelola keuangan negara dan membangun tata kelola di masing-masing tempat. 

Adapun secara keseluruhan di dalam LKPP tahun 2020, semuanya melaporkan penggunaan dan perubahan dari keuangan negara yang dikelola oleh masing-masing kementerian serta lembaga, dan pemerintah daerah.

Comments are closed.