Pemerintah Kota Surakarta
UKM Virtual Expo Gibran Yakini Dengan Kemudahan dan Pembinaan Akses Perbankan UKM Bisa Naik Kelas
  September 21, 2021 13:26

SURAKARTA- Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri UKM Virtual Expo (UVO) 2021 yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kongkow Bareng Mas Ganjar yang mengangkat tema “Peran Stakeholder dalam mendorong eksistensi UMKM Jateng pada pasar ekspor Belgia dan Jepang” yang digelar di Pusat Inkubasi UMKM, Co-Working Space Bank Jateng, Selasa (21/9). 

Turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Kepala Kantor OJK Reg.III, Kakanwil BI Jateng, Dirut Bank Jateng dan Direktur Eksekutif Asmindo Korwil Jateng.  UVO 2021 menghadirkan beberapa narasumber virtual, Dubes RI untuk Belgia, Konsul Jenderal RI di Osaka, Ketua Komite Bilateral Belgium-Kadin. 

Pada kesempatan ini, Gibran menyampaikan dengan adanya pembinaan dan kemudahan akses perbankan serta dukungan penuh dari pemerintah, diharapkan UMKM dapat naik kelas.

“Diharapkannya UMK Solo bisa naik kelas, saya yakin bisa karena kita dibina oleh Bank Jateng juga. Jadi biar mereka bisa mengakses program-program dari perbankan” jelasnya.

Walikota menambahkan pembinaan yang diberikan kepada pelaku UMKM dimulai dari cara membuat laporan keuangan.

“Aktivitasnya di sini setiap hari mereka (pelaku UMKM) diajarkan bagaimana cara mengatur misalnya cash flow, karena kalo saya lihat masih banyak UMKM yang belum mengatur cash flow, padahal itu mudah sekali dan sangat penting” tambahnya.

Selain itu, dengan besarnya peluang di pasar global, Gibran berharap UMKM diluar furniture bisa semakin menembus ekspor.

“Harapannya, UMKM di Jateng selain furniture ya, dari makanan, minuman, handicraft, juga bisa ikut ekspor juga” pangkasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa produk furnitur asal Jateng sudah banyak diekspor ke luar negeri. Beliau menekankan pentingnya UMKM memperhatikan aspek legalitas kayu serta sertifikasi ramah lingkungan yang disyaratkan oleh konsumen.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

283

Visitors today

182

Visits total

363,849

Visitors total

285,217

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta