Pemerintah Kota Surakarta
Kemenkop UKM Gandeng Uniqlo Dongkrak Produk UMKM Tembus Global
  September 28, 2021 16:42

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri penandatanganan MOU antara Kementerian Koperasi dan UMKM dengan PT. Fast Retailing Indonesia (UNIQLO) bertempat di gerai Uniqlo Mall Solo Paragon, Selasa (28/9).

Tutut dihadiri Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UMKM Hanung Harimba, PLT Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Ir. Agus Sutrisno dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta, Heri Purwoko.

Kolaborasi Solo Neighborhood merupakan kerjasama antara Dinas Koperasi dan UMKM di setiap wilayah, yang menjadi wadah pelaku UMKM untuk membantu mempromosikan produk agar bisa meningkatkan daya saing, serta memperoleh kesempatan memperkenalkan produk di kancah global.

Sebelumnya, para pelaku UMKM telah melalui proses kurasi, saat ini terdapat 15 Neighborhood yang tersebar di berbagai kota dengan total 96 UMKM. UMKM yang produknya di pamerkan di instalasi Neighborhood akan diganti setiap 6 bulan, sehingga UMKM bisa mulai masuk di level global dan UMKM dapat berkembang hingga membantu pemulihan perekonomian.

Pada kesempatan ini, Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki memberikan apresiasi atas kerjasama yang telah terjalin dan menyampaikan bahwa kualitas produk UMKM tidak kalah dengan produk luar.

“Saya memberikan apresiasi kepada UNIQLO telah bekerja sama membantu memasarkan produk UMKM. Kita meyakini produk UMKM bagus-bagus, unik-unik, kalau custom program tidak kalah dengan produk luar. Anak Indonesia memang sangat kreatif, memiliki darah seni luar biasa” ujarnya.

Beliau juga berharap produk UMKM lokal dapat terus belajar menyesuaikan permintaan pasar yang selalu mengikuti trend perubahan global.

“Bukan hanya disisi market, tapi juga ada pendamping, ada kurasi produk, sehingga teman-teman UMKM bisa belajar bagaimana desain produknya supaya bisa mengikuti trend market pasar global karena saat ini lifestyle terhubung secara digital dan global Oleh karena itu, bukan hanya dari sisi market membantu pasar domestik tetapi juga transfer pengetahuan agar UMKM bisa meningkatkan standar mutu, desain, update karena research and development juga harus terus dilakukan sehingga kerja sama ini sangat baik,” katanya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta