Pemerintah Kota Surakarta
Giat Grebeg Kampung KB di jalan Cokro Baskoro Kelurahan Tipes, Walikota Gibran Rakabuming resmikan Kampung KB ke-20 di Solo
  October 15, 2021 09:56

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming meresmikan dan meninjau kegiatan Grebeg Kampung KB di Kelurahan Tipes Surakarta, Jumat (15/10). Walikota resmikan Kampung KB ke-20 di Kota Solo bersama dengan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Anggota DPRD Surakarta, Camat Serengan, serta Lurah Tipes beserta jajarannya.

Kegiatan Grebeg Kampung KB diawali dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Kampung KB Semarak Kelurahan Tipes. Kemudian Penancangan Kampung KB ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Walikota Surakarta, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Anggota DPRD Kota Surakarta, Camat Serengan, serta Lurah Tipes beserta jajarannya. Acara dilanjutkan dengan melakukan peninjauan kegiatan Kampung KB di beberapa posko seperti Posko Konseling Keluarga, Konseling Remaja, UPPKA Rajut, UPPKA Makanan, Grafir Kaca, UPPKA Perca, dan BKB.

Kampung KB adalah sebuah tempat yang dijadikan sasaran untuk memadukkan program dengan kegiatan secara sistematis untuk meningkatkan kualitas hidup manusia yang terdiri dari pendidikan, kesehatan dan daya beli, sehingga pembangunan kependudukan dan keluarga berencana dapat mengurangi kuantitas penduduk dan meningkatkan kualitas sisi lainnya. Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyatakan Kampung KB di Kota Surakarta sudah berjumlah 20 kampung.

“Sekarang sudah 20 Kampung KB di Solo, jadi semua masalah yang ada bisa diintervensi gabungkan menjadi multi sektor dan dapat terintegrasi mulai dari jalan yang rusak tadi, masalah pendidikan dan kesehatan, dapat terintegrasi semuanya” jelas Gibran.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Surakarta Purwanti menjelaskan bahwasanya lahirnya Program Kampung KB sebagai model miniatur pelaksanaan total program pemerintah di bidang Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana serta sektor lainnya.

“Dari data Rw modelling kemiskinan Bappeda, kampung Kb itu memang model penanggulangan kemiskinan jadi manajemennya keroyokan, tidak hanya Kb yang digarap tapi semua sektor, mulai sektor ekonominya, sektor ketahanan keluarganya dan yang lainnya,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Gibran menyempatkan diri mengunjungi rumah produksi kerajinan rajut (Kampung Rajut) di rumah Ketua Rt 04/Rw 04 Kelurahan Tipes serta membagikan mainan dan susu kotak untuk anak-anak yang ada di sekitar Kampung KB.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta