Pemerintah Kota Surakarta
Hadir BUMN-UMKM Ekonomi Kreatif Great Sale Di Tengah Solo Great Sale
  October 15, 2021 13:18

SURAKARTA – Untuk lebih mendongkrak penjualan produk – produk UMKM di tengah perhelatan Solo Great Sale 2021, Kementerian Perdagangan bersinergi dengan Pemerintah Kota Surakarta menggelar “Ekraf Mart 2021” sebuah ajang pameran, penjualan produk,kegiatan bincang kreatif Kota Solo, business marketing dan creative art performance selama 4 hari (15-18/10/2021) di Lantai 2 Paragon Mall Surakarta.

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa didampingi Ketua Kadin Surakarta Gareng S Haryanto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM serta perwakilan BUMN membuka kegiatan yang ditandai dengan penancapan gunungan wayang pada tempat yang disediakan.

Teguh mengatakan, kegiatan BUMN-UMKM Great Sale merupakan upaya yang patut diapresiasi walaupun di masa Pandemi Covid 19 namun ada semangat untuk memperbaiki kondisi ekonomi dengan membangkitkan ekonomi lewat pameran produk UMKM di tengah berlangsungnya Solo Great Sale 2021. 

“UKM merupakan kelompok ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia khususnya di Kota Solo dan menjadi sarana pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid 19. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk selalu mengutamakan dan memberdayakan UKM,” terang Teguh.

Teguh menyatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada 2020 sebanyak 4,05 juta orang. Khusus di Kota Solo terdapat sekitar 43.700 pelaku UMKM.

Menurutnya, untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM tersebut, Pemerintah Kota Surakarta telah memfasilitasi pelaku UMKM melalui beberapa program. Misalnya, bimbingan teknis manajemen sumber daya manusia, bimbingan teknis pelaku usaha, temu usaha UMKM dengan ritel modern dan marketplace, serta mengikutsertakan UMKM dalam berbagai pameran.

Wawali menambahkan, Ekraf Mart sebagai BUMN-UMKM Great Sale 2021 sektor ekonomi kreatif  merupakan bagian dari rangkaian Solo Great Sale 2021 yang digelar pada 1—31 Oktober 2021. Acara yang telah memasuki tahun keenam ( 2020 ditiadakan karena pandemi ) ini menargetkan transaksi melebihi Rp 800 miliar. Acara tahunan ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, menjaga stabilitas peredaran uang di Solo, menambah daya tarik Kota Solo bagi wisatawan, serta untuk promosi akses pasar yang ekstensif bagi pelaku UMKM.

Adapun Gareng selaku Ketua Kadin Surakarta menyatakan, dalam koridor Solo Great Sale 2021 memanfaatkan ekonomi digital Solo Melompat Lebih Jauh, kegiatan pameran UMKM binaaan BUMN merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi Kota Surakarta dan sekitarnya.

“Pameran dan penjualan produk UMKM ini semuanya harus masuk dalam omzet Solo great sale supaya target Solo Great Sale tercapai. Hasil penjualan bisa diinput dalam Solo Great Sale sebagai pendorong ekonomi Kota Solo. Diharapkan semua kegiatan berjalan dengan baik,” ucap Gareng.

BUMN-UMKM Great Sale merupakan kegiatan tahunan yang diikuti perwakilan UMKM nasional binaan BUMN yang diselenggarakan di Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta