Pelantikan DPP KNPI Kota Surakarta Masa Bakti 2021-2024
October 18, 2021 11:39
Wakil Walikota Teguh Prakosa Hadiri Pembukaan Pasar Seni dan Budaya Balekambang 2021
October 24, 2021 11:10

Hadiri Workshop UMKM Binaan Muhammadiyah, Walikota Gibran Tegaskan UMKM Go-Digital

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, hadir sebagai narasumber pada Workshop UMKM Binaan Majelis Ekonomi Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surakarta dengan tema “Penguatan UMKM di masa pandemi cocid-19” di Balai Muhammadiyah, Sabtu (23/10). Peserta workshop adalah pelaku UMKM binaan Majelis Ekonomi Kewirausahaan dan Pemberdayaan Masyarakat PD Muhammadiyah Surakarta. 

Gibran menjelaskan bahwa saat ini Kota Solo sudah turun level ppkm level 2 serta capaian vaksinasi sudah mencapai 125%. Ia menyatakan saat ini waktu tepat untuk pemulihan ekonomi. Untuk itu ia terus mendorong berbagai program membantu UMKM dapat bertahan di era pandemi.

“Sudah banyak upaya yang kita lakukan untuk membantu UMKM. Bantuan-bantuan kepada pelaku terdampak sudah didistribusikan. Kita juga sudah luncurkan beberapa program kredit mikro lunak untuk UMKM. Selain itu kita sudah kerjasama dengan banyak pihak seperti Shopee yang memfasilitasi pelatihan UMKM, ada juga di Solo TechnoPark yang memfasilitasi foto studio untuk produk, Grab Ovo yang memfasilitasi kemudahan pembayaran, selain itu dari Dinas Ketenagakerjaan juga aktif memberikan pelatihan-pelatihan,”jelasnya.

Ia menegaskan bahwa di masa pandemi mau tidak mau UMKM dipaksa Go digital. Ia mengajak pelaku UMKM untuk memanfaatkan e-commerce yang ada untuk dapat bersaing di pasar. Jika dapat dimanfaatkan dengan baik maka akan mempermudah pembeli dan penjual terutama di era pandemi.

“Di era pandemi mengurangi transaksi dengan uang cash sangat membantu pelaku UMKM sekaligus mencegah penyebaran virus. Yang jelas saat ini UMKM dipaksa untuk aktif dalam ekonomi digital. Bukan saatnya lagi kita menunggu pembeli tapi harus jemput bola melalui aplikasi. Semua kita upayakan agar UMKM dapat bertahan dan bangkit,” jelasnya.

Gibran mewanti-wanti agar pelaku UMKM dapat melakukan terobosan dan inovasi agar bersaing menyesuaikan pola baru sistem belanja warga masyarakat. Ia juga menegaskan agar UMKM meningkatkan packaging dalam produknya agar meningkatkan kesan kepada masyarakat.

Comments are closed.