Wakil Walikota Teguh Prakosa Hadiri Pembukaan Pasar Seni dan Budaya Balekambang 2021
October 24, 2021 11:10
Hadiri Apel BPBD Kota Surakarta, Walikota Gibran Tekankan Kesiagaan Potensi Bencana
October 26, 2021 10:35

Walikota Gibran Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan APBD 2022

Surakarta-Mengawali Pengantar Nota Keuangan APBD TA 2022, Rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 dihadapkan pada isu pentingnya menjaga keberlangsungan fiskal dan fiscal buffer untuk mengantisipasi dinamika eksternal, dengan bertumpu pada optimalisasi kemandirian keuangan daerah dengan tetap memperhatikan dinamika Pandemi COVID-19, yang masih sulit diprediksi.

Pada sisi yang lain, rancangan APBD Tahun Anggaran 2022 disiapkan untuk menjawab proses menuju kenormalan baru pasca Pandemi, salah satunya dengan memanfaatkan momentum balik atas optimisme proyeksi pertumbuhan sektor.

Optimalisasi terhadap kemandirian keuangan daerah, menjadi kunci dan jawaban, di tengah ketidakpastian dana transfer yang menunjukkan tren yang terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Optimisme terhadap kemandirian keuangan daerah yang tercermin atas rasio PAD terhadap pendapatan daerah, memberikan signal yang positif seiring dengan pertumbuhan sektor.

Dengan rasio herd imunity Kota Surakarta yang telah mencapai 91,55%, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming berharap akan menjadi signal atas recovery sektor lain untuk tumbuh dan mengurangi beban pendanaan penanganan COVID-19 yang dapat diarahkan untuk sektor basis yang ujungnya mampu meningkatkan kebangkitan ekonomi Kota Surakarta dan daya beli masyarakat Kota Surakarta. Hal ini disampaikan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di Ruang Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Senin(25/10).

Comments are closed.