Pemerintah Kota Surakarta
Hadiri Apel BPBD Kota Surakarta, Walikota Gibran Tekankan Kesiagaan Potensi Bencana
  October 26, 2021 10:35

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming memimpin langsung pelaksanaan Apel jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surakarta di Halaman Kantor BPBD, Selasa (26/10). Apel diikuti oleh jajaran BPBD, Damkar, DLH, dan relawan. Walikota menekankan kesiagaan BPBD dalam menghadapi potensi bencana pada Bulan Oktober hingga akhir tahun. Ia mengatakan untuk selalu koordinasi dengan stakeholder terkait kesiapan sarana dan kesiapsiagaan personel dalam proses mitigasi bencana di musim penghujan.

“Ada beberapa hal yang harus bapak ibu perhatikan antara lain selalu memantau kesiapsiagaan masyarakat di titik titik banjir dan longsor, cek kesiapan infrastruktur untuk antisipasi bencana akibat curah hujan tinggi, pastikan early warning system, serta mengatur saluran air untuk mengurangi gangguan aliran air selama musim penghujan,” tegasnya.

Walikota juga mengapresiasi upaya BPBD yang telah mencanangkan Kelurahan Tangguh Bencana di Kelurahan Semanggi, Mojo, dan Kedunglumbu. 

“Saya juga mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi dalam proses penanganan siaga bencana baik melalui pelatihan, uji coba, uji peringatan dini, hingga peringatan bencana yang disampaikan dengan cepat melalui media sosial,” jelasnya.

Walikota juga mewanti-wanti untuk selalu siap siaga jika ada gelombang covid ketiga. Ia memberikan contoh klaster-klaster anak sekolah yang belum menerima vaksinasi.

“Saya yakin jika nanti ada gelombang ketiga kita lebih siap. Oksigen siap, nakes siap, rumah sakit siap, isoter siap,” tegasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Solo, Nico Agus Putranto, menyatakan bahwa jajaran BPBD sudah siap mengantisipasi potensi bencana dan potensi gelombang covid ketiga serta penyiapan isoter untuk anak-anak.

“Kita sudah siapkan dengan fasilitas yang lebih banyak, seperti cuci tangan, toilet, dan tempat tidur. Ini tinggal pembersihan saja. Kita pastikan kenyamanan seperti TV, wifi, kipas angin,” jelasnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta