Pemerintah Kota Surakarta
KOTA SOLO MENDAPAT ANUGERAH JKPI AWARD SEBAGAI KOTA DEKLARATOR JKPI
  December 3, 2021 09:33

Surakarta – Kota Solo mendapatkan Anugerah JKPI Award 2021 sebagai Kota Deklarator Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang diserahkan Ketua Presidium JKPI Drs  H. Alfedri, M.Si kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Surakarta Drs Agus Santoso MM mewakili Walikota Surakarta di Ballroom Puri Bengawan Bogor Jumat 03 Desember 2021.

Alfredi dalam sambutannya mengatakan,”hari ini akan disampaikan penghargaan kepada tokoh yang telah berjasa dalam pelestarian budaya dan penghargaan kepada kota kota deklarator JKPI sejumlah 12 daerah. 

Agus mengatakan “Kota Surakarta mendapatkan anugerah JKPI Award sebagai salah satu Kota Deklarator  JKPI dalam Kongres JKPI V, karena acara JKPI pertama kali digelar di Kota Solo, dan inisiator JKPI adalah Walikota Solo Ir Joko Widodo yang saat ini menjadi Presiden RI”.

Acara JKPI pertama kali digelar di Kota Solo tahun 2008 silam. Salah satu inisiator organisasi ini adalah Presiden RI, Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Walikota Solo. Tujuan dibuatnya organisasi ini untuk menjaga kelestarian benda cagar budaya (BCB) peninggalan sejarah di Indonesia, melestarikan nilai-nilai budaya masa lalu untuk kemajuan masa kini dan masa mendatang.

Kota Surakarta mendapatkan penghargaan bersama 12 kota Deklarator lainnya yaitu Kota Solo, Yogyakarta, Ternate, Banda Aceh, Bengkulu, Ambon, Bau- Bau, Pangkal Pinang, Salatiga, Jakarta Utara, Bogor, Sawahlunto.

Pada Kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang telah berjasa pada pelestarian warisan budaya.

Kongres JKPI V yang dilaksanakan di Bogor tanggal 02-04 Desember 2021, diikuti oleh 40 Kepala Daerah, dibuka oleh Staf Ahli Kementerian Bappenas Prof Dr Suhardi, MH. Kongres JKPI V. Kongres diawali dengan pameran produk unggulan dan pagelaran budaya nusantara di Bogor Creative Center, dibuka dan dilanjutkan kongres dan diakhiri dengan City Tour  di Prasasti Batu Tulis Bogor.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta