Pemerintah Kota Surakarta
Presentasi Program Smart City Pemerintah Kota Surakarta
  December 7, 2021 15:42

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming melakukan Presentasi selaku kepala daerah pada acara evaluasi program smart city secara virtual (7/12) dalam Presentasi program smart city Gibran menjelaskan program-program smart city pemerintah Kota Surakarta.

Smart Governance yang merupakan Tata kelola Pemerintahan Kota Surakarta yang menghasilkan business process yang lebih efektif, cepat, efisien, komunikatif dan inovatif. Seperti program Kota Surakarta memiliki ULAS (Unit Layanan Aduan Surakarta) yang terintegrasi dengan layanan aduan pada medsos dan WA lapor Mas Wali.

Yang kedua, Smart branding yaitu Memasarkan dan meningkatkan daya saing Kota Surakarta  pada elemen pariwisata, bisnis, dan wajah kota. Dengan adanya Event di Kota Surakarta yang merupakan kota budaya yang mengakar pada kehidupan masyarakat masyarakatnya melalui pelestarian budaya sebagai warisan dari dua kraton (keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran) sehingga menjadikan Kota Surakarta menjadi Kota Pertunjukan. 

Yang ketiga, Smart economy yaitu mewujudkan ekosistem perekonomian Kota Surakarta yang mampu memenuhi tantangan pada era informasi yang disruptif dan adaptasi yang cepat. Kota Surakarta memiliki program digitalisasi pasar yang dilaksanakan pada 26 pasar tradisional di tahun 2021 dari seluruh 44 pasar tradisional yang ada di Kota Surakarta dengan pengembangan pembayaran e-Retribusi (Virtual account, QRIS), sistem pembayaran cashless cashless, serta belanja online di pasar tradisional. Program digitalisasi transaksi pasar tradisional Kota Surakarta yang bekerjasama dengan BNI tercatat dalam MURI yaitu dengan 1.046 pedagang pasar tradisional di Kota Surakarta menggunakan transaksi non-tunai.

Yang keempat, Smart living yaitu menjamin kelayakan taraf hidup masyarakat Surakarta melalui pola hidup kualitas kesehatan dan moda transportasi. Kota Surakarta memiliki program peningkatan kualitas kehidupan Kota melalui peningkatan kesehatan dan kualitas transportasi umum  seperti menggunakan konsep penataan permukiman Semanggi yang nantinya akan menggunakan Land Consolidation (LC) serta peremajaan kawasan.

Yang kelima, Smart society yaitu Membangun SDM Kota Surakarta yang tangguh dan tetap berbudaya di tengah perkembangan teknologi. Kota Surakarta memiliki program BPMKS Siswa Winasis untuk mencukupi kebutuhan personal anak dari keluarga kurang mampu, serta terwujudnya transparansi dalam pengelolaannya. Pemerintah Kota Surakarta juga membangun generasi muda yang berkarakter budaya di Kota Surakarta.

Yang keenam, Smart environment yaitu Keseimbangan pembangunan lingkungan dan infrastruktur fisik yang berkelanjutan bagi warga Surakarta. Untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan pembangunan lingkungan yang berkelanjutan pemerintah Kota Surakarta menerapkan konsep smart building(Gor Manahan, Pondok Kawruh Tirta), smart energy(water resource management),  dan smart urban planning (penataan kawasan gilimanuk yang terkoneksi dengan system kota).

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta