Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Gibran Bacakan Arahan Presiden : Indonesia Adalah Bangsa Yang Kuat
  December 20, 2021 09:00

SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta, Senin (20/12/2021) menggelar Upacara Hari Bela Negara ke 73 di Pendapi Gede Balai Kota Surakarta. Semula upacara rencananya dilaksanakan di Halaman Balai Kota, namun karena cuaca tidak memungkinkan ( hujan gerimis ) maka kegiatan dipindahkan di dalam Pendapi Gede.

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka selaku  pembina upacara yang membacakan amanat Presiden RI, mengajak seluruh masyarakat Kota Surakarta sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan negara.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat lainnya,” beber amanat Jokowi yang dibacakan Gibran.

Jokowi menekankan upaya menjaga kedaulatan negara harus dilakukan dengan semangat bela negara serta menekankan bahwa bela negara bukan semata tugas TNI dan Polri.

Jokowi menegaskan nilai dasar bela negara yang perlu dikembangkan oleh seluruh komponen bangsa yakni cinta tanah air, sadar berbangsa dan negara, setia pada pancasila, dan rela berkorban.

“Sekali lagi saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, semua punya hak,” jelasnya.

Jokowi mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu dan bergandeng tangan, terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Agar kita tangguh melalui berbagai ujian, dan terus bertumbuh dalam menggapai cita-cita bangsa. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang kuat, bukan hanya mampu menghadapi perang terhadap Covid-19, serta tantangan bangsa lainnya,” tegasnya.

Jokowi menekankan bahwa tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini tidaklah mudah. Menurutnya, diperlukan daya juang dan kerja keras agar mampu melewati masa sulit ini.

“KIta harus tampil sebagai pemenang, kita harus optimistis. Kita harus menciptakan peluang di tengah kesulitan. Kita harus menjawab itu semua dengan inovasi dan karya nyata,” terangnya.

Upacara Hari Bela Negara tingkat Kota Surakarta diikuti segenap jajaran Pemerintah Kota Surakarta hingga melibatkan satuan linmas di tingkat kelurahan. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

18

Visitors today

11

Visits total

425,487

Visitors total

330,756

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta