Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Gibran Siapkan Reward Dan Punishment Bagi OPD Selesaikan Proyek Tepat Waktu Pada 2022
  January 3, 2022 11:14

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, pihaknya ( Pemerintah Kota Surakarta ) menyiapkan akan memberikan reward dan punishment bagi Organisasi Perangkat Daerah yang menyelesaikan proyek ( program kerja ) tepat waktu.

Gibran menyampaikan hal tersebut pada saat memberikan sambutan pada Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah / Janji Jabatan 850 pejabat di Lingkungan Pemerintah Kota Surakarta, Senin (3/1/2022) di Balai Tawangarum, Balai Tawang Praja, manganti Praja, Pendapi Gede dan Aula Dinas Kesehatan Kota Surakarta.

Dengan dibantu Sekretaris Daerah Ahyani dalam menjalankan kegiatan tersebut bagi setiap OPD yang menyelesaikan serapan anggaran dan pekerjaannya tepat waktu.

Hal tersebut sekaligus menjadi key performance indicators untuk capaian masing – masing OPD.  

Sebagai motor penggerak dan perubahan, Walikota Gibran meminta para pejabat ASN Pemkot Surakarta mampu menjalin kolaborasi dan melakukan inovasi dalam melayani masyarakat. “Selamat bertugas pada Bapak dan Ibu yang baru saja diambil sumpahnya  dalam jabatan dan struktur organisasi di Pemerintah Kota Surakarta. Saya sangat mengharapkan para pejabat yang dilantik dapat bekerja dengan penuh semangat dan tanggung jawab berkinerja yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi di lingkungan masing – masing dan memberikan kontribusi yang berharga bagi kelancaran pemerintahan dan pembangunan Kota Surakarta,” ucapnya.

Beberapa arahan diberikan pada para pejabat yang dilantik dalam menjalankan tugas ke depan.

Gibran mengatakan, Sumber Daya Manusia adalah faktor pendukung utama dan aset bagi sebuah organisasi. Demikian juga ASN Kota Surakarta. Dalam struktur yang baru ini, masing – masing pejabat yang dilantik harus bisa menjadi mentor yang baik, motor penggerak dan perubahan bagi SDM di organisasi yang dipimpin. 

“Bapak dan Ibu harus memacu dan mengapresiasi munculnya ide – ide segar dan baru serta terobosan, kreatifitas, inovasi dan kolaborasi yang positif dalam menjalankan tugas serta menemukan solusi atas permasalahan yang muncul,” tandasnya.

Dijelaskan Gibran, persoalan inovasi dan kreatifitas masih sangat kurang pada tahun 2021. Oleh karena itu harus dibangun mindset baru dan energi positif dengan tetap menghormati nilai – nilai yang telah ada.

Sekarang dan kedepan, Gibran mengharukan untuk terus dapat meningkatkan kompetensinya dan kemampuan serta kemauan untuk maju bersama. 

Tanggung jawab yang diemban akan lebih menantang dengan struktur organisasi baru yang lebih sederhana diharapkan lebih fokus dan bisa terus merumuskan, menyusun serta mengimplementasikan dalam rangka mewujudkan misi dan visi Walikota dan Wakil Walikota khususnya pasca Pandemi Covid 19 dan memulihkan sosial ekonomi masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19.

Ucapan Selamat diberikan pada para ASN yang dilantik yang masih bisa menorehkan prestasi walaupun dalam kondisi yang tidak mudah karena pandemi yang berdampak pada refocusing anggaran.

Prestasi – prestasi yang diraih, Walikota mengharapkan diimbangi dengan kinerja dan attitude ASN yang baik untuk mewujudkan birokrasi yang melayani masyarakat. 

Adanya kekecewaan dalam pelayanan publik sekarang bisa langsung dilaporkan pada Walikota melalui kanal – kanal media sosial antara lain facebook, WA dan Instagram.

Masalah yang terjadi di masyarakat, Gibran mengharapkan supaya segera diselesaikan supaya tidak menjadi viral di masyarakat yang bisa merugikan Pemerintah Kota Surakarta.

Para kepala OPD diminta turun untuk menangani persoalan yang terjadi sehingga hambatan pekerjaan di lapangan bisa segera tertangani. 

Para kepala OPD bisa melaporkan hambatan pekerjaan kepada Walikota dan Wakil Walikota agar hambatan bisa diurai dan dicarikan solusi bersama. 

Manajemen lapangan harus dimiliki setiap kepala OPD agar bisa terus memantau tiap tahapan pekerjaan sehingga antara perencanaan, serapan anggaran dan pelaksanaan bisa selesai tepat waktu.

Walikota berharap anggaran yang direncanakan  bisa terserap sepenuhnya sehingga akan berdampak maksimal pada pelayanan masyarakat Kota Solo.

Oleh karena itu, Walikota Gibran akan selalu memantau dan memonitor pelaksanaan dan tidak harus menunggu laporan per triwulan dalam Rakor POK namun bisa meminta laporan sewaktu – waktu dengan turun lapangan bila diperlukan.

Pada akhir arahannya, Walikota mengharapkan apa yang disampaikannya bisa menjadi pedoman untuk memberikan semangat yang terbaik untuk masyarakat dan kemajuan Kota Surakarta. 

Para ASN diingatkan supaya tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan khususnya dengan hadirnya varian baru Omicron yang sudah terdeteksi masuk Indonesia.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

257

Visitors today

203

Visits total

380,853

Visitors total

298,072

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta