Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Surakarta Hadiri Serah Terima Pengelolaam Alat Berat TPA Putri Cempo
  January 10, 2022 11:33

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menghadiri serah terima pengelolaan Alat Berat (Bulldozer dan Excavator) Tempat Pembuangan Akhir Putri Cempo antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Pemerintah Kota Surakarta di TPA Putri Cempo, Senin (10/01). Serah terima alat berat kali ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah (Cakra Nagara, S.T., M.T., M.E.), Dirjen Cipta Karya, dan Kementerian PUPR.

Acara serah terima pengelolaan Alat Berat ditandai dengan pemotongan untaian Bunga Melati serta penyiraman air dalam kendi yang dilanjutkan pemecahan kendi.

Kota Surakarta merupakan salah satu dari 12 kota dalam Peraturan Presiden no.35 tahun 2018 tentang percepatan pembangunan  instalasi pengelolaan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan. Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Bpk. Cakra Nagara, S.T., M.T., M.E. menyampaikan kerjasama pembangunan pengelolaan sampah menjadi energi listrik atau PSEL di tempat pemrosesan akhir TPA putri cempo surakarta telah dimulai sejak tahun 2016 dengan menggandeng PT Solo Citra Merto Plasma Power dan saat ini telah sampai tahap konstruksi.

“tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat permasalahan di TPA putri cempo ini diantaranya usia teknis TPA yg sudah habis sejak tahun 2010 dengan rusaknya bagian alat berat yg ada di TPA.” Jelasnya

Walikota Surakarta menegaskan bahwa Pemerintah Kota Surakarta mengejar deadline April 2022 untuk menjalankan programnya dan pada semester kedua akan ada alat baru yang akan datang kembali.

“Nanti 10 tahun habis nanti kita malah kekurangan sampah untuk Solo dan sekitarnya.” jelasnya.

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah telah merealisasikan pengadan alat berat berupa 1 unit buldozer dan 1 unit excavator sesuai dengan surat walikota surakarta nomor 680/2552 tangal 18 agustus 2021  perihal permohonan  bantuan alat berat dan infrastruktur TPA putri cempo dengan total investasi sebesar 4,6 milyar

“Semoga dengan dilaksanakannya serah terima pengelolaan alat berat ini Pemerintah Kota Surakarta dapat segera mengoperasionalkan sarana dan prasarana tersebut Besar harapan kami dengan adanya pengadaan alat berat untuk TK Putri ini dapat mendukung kelancaran terwujudnya XL di kota yang pada akhirnya dapat menjadi percontohan kabupaten atau kota lainnya.” jelasnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta