Pemerintah Kota Surakarta
Warga Kota Solo Patut Berbangga, Kota Bengawan Menjadi satu – Satunya Kota Dengan Pelaksanaan Nyata Smart City
  January 13, 2022 15:22

SURAKARTA – Kakorlantas Irjen Pol Firman Shantyabudi, Kamis (13/1/2022) Kamis meninjau langsung pelaksanaan Smart City di Kota Surakarta. Dengan didampingi Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Kapolresta Surakarta AKBP Ade Safri Simanjuntak, Firman meninjau  Traffic Management Center di Satlantas Polresta Surakarta.

Dalam kesempatan tersebut pada awak media, dia mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Surakarta sudah siap dengan pelaksanaan smart city dalam segala bidang dan didukung dengan semua OPD. 

Warga Kota Solo secara riil sudah bisa merasakan pelayanan masyarakat melalui berbagai aplikasi dan layanan. Dan ternyata Solo merupakan satu – satunya Kota yang telah bekerjasama dengan instansi vertikal dalam mewujudnyatakan dalam pelayanan masyarakat.

Pun, Polri khususnya Polresta Surakarta dengan Road Safety Policing-nya sebagai perwujudan smart city sudah berkolaborasi dengan baik selama ini.

“Saya dengan tim sengaja hadir ke Polresta Surakarta untuk melihat kesiapan program Smart City yang begitu nyata kehadirannya. Nanti ke depan kita harapkan ada banyak smart city lainnya,” katanya.

Menurut Firman, dari data sahih yang diperoleh, mengapa program smart city di Solo bisa menjadi role model lantaran kolaborasi antar stakeholder yang ada sudah berjalan dengan baik.

Sementara, kekuatan smart city ada pada kolaborasi stakeholder khususnya yang bergerak pada pelayanan masyarakat. 

Ke depan Polri akan menerapkan beberapa aplikasi  yang mendukung untuk kelancaran pelayanan masyarakat di Surakarta. 

Kolaborasi yang hingga kini berjalan dengan Pemerintah Kota Surakarta secara formal nantinya akan diresmikan. 

Dukungan dari Korlantas Polri bakal dilakukan dengan menambah sistem serta perangkat keras yang harus disiapkan di lapangan dan perlu dukungan masyarakat Kota Sala secara penuh dengan berperan serta aktif misalnya sebagai pengguna jalan harus berdisiplin berlalu lintas bukan karena diawasi sistem, kamera dan kelengkapan lainnya, namun siap karena kesadaran penuh menjadi pemakai jalan yang diharapkan kepolisian.

Berbagai pelayanan yang diberikan sistem smart city menjadi pijakan bagi stakeholder mengambil keputusan dalam penyempurnaan pelayanan.

Semua sistem dan perangkat keras smart city didedikasikan untuk pelayanan publik.

Sementara, Walikota Gibran mendukung penuh kolaborasi dengan Polri dalam melaksanakan program smart city. “Ini konsepnya kolaborasi. Jadi ada dari Polri nanti kami support dengan kamera – kamera yang sudah eksisting. Dengan Satpol PP, Damkar semuanya kita kerjakan dengan gotong royong,” tukas Gibran.

Pemerintah Kota Surakarta seperti dijelaskan Gibran, akan me launching program smart city berkolaborasi dengan Polri khususnya Korlantas bulan depan.

Semua perangkat keras dan aplikasi smart city Kota Surakarta yang sudah eksisting akan dikolaborasikan dengan fasilitas smart city Polresta Surakarta.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

16

Visits total

412,236

Visitors total

322,852

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta