Pemerintah Kota Surakarta
Tak Hanya Jadi Pangkalan Bus, Terminal Tirtonadi Bisa Digunakan Jadi Tempat Gelar Pernikahan Hingga Konser Musik
  January 26, 2022 10:38

Terminal Tirtonadi di Solo yang masuk kategori tipe A kini telah memiliki wajah baru usai direvitalisasi oleh Kementerian Perhubungan. Pasalnya, terminal bus yang kini lebih megah, bersih dan teratur tak hanya berfungsi sebagai pangkalan bus saja, namun juga memiliki fasilitas seperti Convention Hall dan Sports Hall yang dipergunakan untuk mengadakan kegiatan pernikahan, konser musik hingga olahraga yang terletak di lantai 2.

Terminal ini memiliki luas sekitar 5 hektar, dengan luas Sport Center seluas 1.512 meter persegi yang mampu menampung 300 penonton tribun. Untuk Convention Hall memiliki luas 3.564 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa kali telah melakukan peninjauan fasilitas di Terminal Tirtonadi dan menyampaikan apresiasi pada Pemkot Solo karena telah mengoptimalkan Terminal Tirtonadi menjadi tempat pusat kegiatan publik, di antaranya, tempat penyelenggaraan vaksinasi, pameran produk hingga kegiatan olahraga seperti turnamen Taekwondo hingga konser musik Rock In Solo. Kota Solo disebut memiliki daya tarik dan space yang luar biasa. Terminal Tirtonadi ini bisa dijadikan contoh terminal terpadu dengan fasilitas yang memadai untuk kegiatan positif masyarakat.

Pada kunjungannya, Menhub Budi Karya mengharapkan terminal tetap berfungsi baik walaupun fasilitas pendukung semakin aktif digunakan, karena Terminal Tirtonadi ini dibangun dengan menyesuaikan kebutuhan dan kearifan lokal.

Terkait dengan perkembangan transportasi khususnya kereta api dengan kereta rel listrik Jogja-Solo dan kereta bandara, Menhub Budi Karya menjelaskan, peran Jogja-Solo sebagai aglomerasi baru selain Solo-Semarang harus di-branding untuk meningkatkan pergerakan ekonomi masyarakat. 

Untuk informasi tambahan, Terminal Tirtonadi juga terhubung dengan Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo. Penumpang bus yang akan melanjutkan perjalanan kereta bisa berjalan melalui Jembatan (Sky Bridge) sepanjang kurang lebih 500 meter menuju Stasiun Solo Balapan, dan bisa lanjut menggunakan Kereta Bandara Adi Sumarmo (KA BIAS) menuju bandara, begitu pula sebaliknya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta