Pemerintah Kota Surakarta
Guru Penggerak dan Animo Tenaga Pendidik di Kota Solo
  January 25, 2022 14:27

Demi mewujudkan tenaga pendidik yang profesional dan kompeten, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengadakan program Guru Penggerak yang bisa diikuti secara individu oleh para guru yang ada di seluruh Indonesia. Guru Penggerak adalah seorang pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Tak hanya itu, seorang Guru Pendidik nantinya akan menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila

Berjalan sejak tahun 2020, program ini disambut baik oleh guru se-Indonesia dengan besarnya animo para tenaga pendidik dalam mengikuti program Guru Penggerak sebanyak 32.400 peserta. Di program Guru Penggerak angkatan 6 yang akan berjalan Agustus 2022 mendatang, tercatat sudah ada 8000 tenaga pendidik yang mendaftar dari 156 provinsi di Indonesia. Semua pendaftar bersifat personal, bebas, dan tidak ada paksaan dari pihak manapun, dengan artian semua tenaga pendidik bisa mendapatkan manfaat dari program Guru Penggerak ini.

Solo merupakan salah satu kota dengan animo pendaftar calon Guru Penggerak terbanyak di Jawa Tengah pada angkatan IV di tahun 2021. Sebanyak 166 guru dari jenjang TK sampai SMA mendaftar sebagai calon Guru Penggerak. Diharapkan kedepannya dengan semakin banyak Guru Penggerak, pendidikan Solo akan menjadi lebih maju dan menghasilkan murid berprestasi dan berdaya saing tinggi.

Program Guru Penggerak berbentuk pelatihan secara daring, pembuatan dan pelaksanaan lokakarya, hingga konferensi dan pendampingan yang dilakukan selama 9 bulan penuh. Program ini sama sekali tidak dipungut biaya. Namun, untuk menjadi Guru Penggerak, guru harus lulus seleksi tahap 1 (CV, Esai, Tes Bakat Skolastik) dan tahap 2 (Simulasi Mengajar dan Wawancara), dan berkomitmen mengikuti pendidikan Guru Penggerak.

Info lebih lanjut seputar pendaftaran dan informasi lainnya seputar Guru Pendidik dapat diakses dalam laman berikut: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,644

Visitors total

330,848

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta