Pemerintah Kota Surakarta
Radio Konata Solo, Satu-satunya Radio Dari dan Untuk Anak di Indonesia
  January 25, 2022 12:58

Sebagai salah satu radio anak yang ada di Indonesia, Radio Konata atau Radio Komunitas Anak Surakarta hadir ditengah gencaran arus informasi dan hiburan khususnya bagi anak-anak di wilayah Kota Solo. Sesuai namanya, Radio Konata memiliki konten seputar dunia anak seperti lagu, dongeng, hingga perbincangan seputar dunia anak.

Pendirian Radio Konata ini tak lepas dari perjuangan Pemerintah Kota Solo untuk memberikan yang terbaik bagi generasi penerus bangsa. Berdiri pada tahun 2015, ternyata Radio Konata tak lantas langsung siaran. Beberapa kendala seperti kurang memadainya sumber daya manusia hingga pemilihan jalur frekuensi radio komunitas yang saat itu sudah penuh menjadi beberapa kendalanya.

Hingga pada akhirnya Radio Konata resmi mengudara pada Januari 2017 melalui jalur streaming Solo Destination. Pada awal mula berdirinya Radio Konata melibatkan beberapa komunitas anak yang berada di Kota Solo seperti Forum Anak Surakarta (FAS) dan Radio PTPN. Kini, radio yang sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Kota Solo ini bisa didengarkan melalui jaringan 102.5 FM dan mengudara 24 jam penuh. 

Tak hanya konsep radio anak saja, Radio Konata juga memiliki penyiar anak dan terkadang juga menghadirkan bintang tamu anak-anak yang seringkali membahas isu kota dari sudut pandang anak. Namun, tak melulu soal hiburan, selama pandemi Radio Konata juga memberikan konten edukasi live belajar dari rumah yang berlangsung dari pukul 08.00 – 14.00 WIB. Konten edukasi dibawakan oleh guru berpengalaman mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, hingga SMP. 

Berlokasi di Komplek Balai Kota Solo, kedepannya diharapkan Radio Konata bisa berdiri sebagai wadah informasi seputar dunia anak dan menjadi media pilihan yang memberikan manfaat positif bagi anak. Radio Konata juga diharapkan bisa membangun karakter anak dalam hal berkomunikasi yang memiliki keberanian dan mendukung Kota Solo sebagai kota ramah anak.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

29

Visitors today

17

Visits total

425,325

Visitors total

330,663

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta