Pemerintah Kota Surakarta
Menjajal Aneka Transportasi Wisata di Solo
  January 26, 2022 14:54

Kota Solo sudah lama dikenal sebagai kota yang kaya akan peninggalan budaya maupun sejarah. Banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara berbondong-bondong untuk melacak beragam kekayaan warisan tersebut dengan melancong ke sini. 

Namun tak puas sampai di situ, Pemerintah Kota Solo pun berupaya untuk tetap meningkatkan daya tarik wisata dengan memberikan sesuatu yang baru, salah satunya melalui pengalaman mengendarai aneka transportasi wisata yang hanya bisa ditemukan di Solo. 

Beberapa pilihan kendaraan wisata yang bisa dicoba di Solo adalah mobil listrik berdesain klasik, kereta api (sepur) Kluthuk, bus tingkat Werkudara, dan railbus Batara Kresna. Semua kendaraan ini bisa digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Solo. 

  1. Mobil listrik klasik 

Berjumlah delapan unit, mobil dengan bahan bakar listrik ini merupakan sumbangan dari Tahir Foundation untuk Kota Surakarta. Modelnya pun klasik dan ikonik sesuai dengan kota ini, selain ramah lingkungan semua mobil ini bisa digunakan oleh warga maupun wisatawan untuk mengunjungi beragam spot-spot wisata dengan rute-rute yang sudah disiapkan oleh Pemkot Solo. 

  1. Sepur Kluthuk 

Solo merupakan salah satu kota yang memiliki lintasan rel yang membelah pusat kota. Hingga kini rel kereta tersebut masih aktif digunakan sebagai lintasan untuk kereta api (sepur) Kluthuk. Sebuah kereta tua buatan Jerman pada 1896 yang kini digunakan sebagai angkutan wisata.  Pertama kali diresmikan sebagai kereta wisata oleh Presiden Joko Widodo yang kala itu masih menjabat sebagai wali kota. Sepur Kluthuk ini akan memberi pengalaman kepada penumpang bagaimana rasanya menaiki kereta tua di tengah kota.

  1. Railbus Batara Kresna

Kalau sepur Kluthuk hanya bisa digunakan di dalam kota untuk berwisata, railbus Batara Kresna yang menggunakan lintasan sama di tengah kota justru menyuguhkan alternatif yang berbeda. Bedanya, Batara Kresna merupakan kereta yang bisa ditumpangi warga dari Stasiun Purwosari dan berakhir di Stasiun Wonogiri. Jika warga ingin berjalan-jalan dari Solo menuju Wonogiri, bisa menggunakan railbus Batara Kresna. 

  1. Bus tingkat Werkudara

Selain mobil listrik dan kereta, Kota Solo juga menyuguhkan sensasi menumpang bus tingkat atau double decker. Selain jadi ikon wisata Solo, bus tingkat Werkudara juga memiliki rute dan berhenti di tempat-tempat wisata seperti rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Museum Sriwedari, Museum Radya Pustaka, Museum Batik, Kampung Wisata Batik Kauman hingga Jurug Solo Zoo. Bagi pengunjung yang berminat, bus tingkat Werkudara hanya beroperasi pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya. 

Untuk pengunjung yang berminat untuk menumpangi salah satu transportasi wisata ikonik Kota Solo ini, bisa menghubungi kantor Dinas Perhubungan Surakarta yang berlokasi di Jalan Menteri Supeno No.7 Manahan. Atau bisa juga melalui WhatsApp di 081392493153.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

10

Visits total

427,335

Visitors total

331,904

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta