Pemerintah Kota Surakarta
Pura Mangkunegaran: Kerajaan lain di Solo dengan Pesona yang Berbeda
  January 31, 2022 10:23

Selain Keraton Kasunanan Surakarta, ada kraton lain yang juga memiliki daya tarik bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara yaitu Pura Mangkunegaran. Berlokasi di dekat Pasar Ngarsopuro, kerajaan ini didirikan oleh Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa pada tahun 1757 yang kemudian menjabat sebagai raja dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegaran I. 

Terlepas dari Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran memiliki otonom yang independen dengan wilayah yang sangat luas dan memiliki tentara sendiri. Hingga akhirnya pada September 1946, Pura Mangkunegaran menyatakan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia di bawah kekuasaan Mangkunegaran VIII hingga saat ini dan menjadi penjaga budaya agar tak terkikis oleh zaman.

Berbicara mengenai raja yang menjabat, di Pura Mangkunegaran saat ini tengah mencari raja penerus untuk Mangkunegaran X. Bulan ini direncanakan sebagai bulan di mana kandidat raja ini kemudian akan dipilih. Januari 2022 dianggap baik menurut Primbon Jawa sehingga suksesi ini akan segera dilaksanakan setelah terjadi pemunduran beberapa kali.

Dengan latar belakang sejarah yang berbeda dan estetika yang khas menjadikan Pura Mangkunegaran sebagai penjaga budaya dengan pesona berbeda yang mampu menarik wisatawan. Menyimpan sejarah panjang, wisata ini tentu memberikan pengalaman dan edukasi yang berbeda serta menambah perspektif baru mengenai kerajaan di Pulau Jawa yang masih terus eksis hingga saat ini.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta