Pemerintah Kota Surakarta
Lampion Pasar Gede Solo, Wujud Semangat Inklusivitas Warga Solo
  February 1, 2022 09:29

Tahun Baru Cina atau yang sering kita sebut dengan Imlek merupakan tradisi yang dirayakan oleh masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, termasuk juga masyarakat Tionghoa di Indonesia pun merayakan Imlek. Perayaan ini sejatinya merupakan momen bagi petani di daratan Cina menyambut pergantian dari musim dingin menuju musim semi. Perayaan tersebut lebih dikenal sebagai Sincia atau Festival Musim Semi.

            Di Kota Solo, perayaan Imlek dirayakan dengan meriah di setiap tahunnya. Pemasangan lampion di sekitar Pasar Gede Solo sudah menjadi ikon perayaan Imlek Kota Solo. Berbagai event budaya pun juga kerap digelar untuk memeriahkan momen Imlek. Kemeriahan perayaan Imlek di Kota Solo tidak hanya dikhususkan untuk masyarakat Tionghoa. Dalam prakteknya, seluruh lapisan warga Kota Solo pun terlibat dan dapat menghadiri  serta menikmati perayaan ini.

Di situasi pandemi, perayaan Imlek sempat ditiadakan demi mendukung upaya pemerintah dalam penanganan pandemi. Namun di tahun 2022 ini, Kota Solo kembali mengadakan perayaan Imlek. Ada 1000 lampion yang sudah menghiasi kawasan Pasar Gede. Imlek tahun ini dirayakan Kota Solo dengan lebih sederhana dan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. Meski tidak semeriah perayaan di tahun sebelum pandemi, antusias warga dalam memeriahkan Imlek sudah kembali terlihat. Tidak sedikit warga yang mengambil gambar di kawasan lampion Pasar Gede.

Lampion Pasar Gede Meskipun tidak ada larangan bagi warga untuk menikmati dan mengabadikan momen di lampion Pasar Gede, namun warga dihimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, terdapat personel Polresta Surakarta yang ditempatkan di sekitar lokasi yang berjaga dan memecah kerumunan warga. Antusias warga Kota Solo di perayaan Imlek sejatinya merupakan wujud toleransi masyarakat Kota Solo yang heterogen dan harus selalu dipupuk serta dilestarikan. Mari kita selalu menjaga ketertiban bersama demi kebaikan Kota Solo tercinta

Samuel Rustam
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

293

Visitors today

190

Visits total

363,859

Visitors total

285,225

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta