Pemerintah Kota Surakarta
105 UMKM Solo Ikuti Pelatihan Digital
  February 2, 2022 10:14

SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta (Solo) berkolaborasi dengan BPSDMP (Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian ) Kominfo Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan digital entrepreneurship yang dihadiri 105 pelaku UMKM se-Kota Solo pada Rabu (2/1) yang bertempat di Hotel Harris. Kegiatan berlangsung selama dua hari (2-3/1) tersebut bertujuan melatih pelaku UMKM agar mampu bersaing dalam digital marketing (online marketing) serta pengelolaan keuangan.

Wakil Walikota Teguh Prakosa yang datang mewakili walikota yang tidak dapat hadir, dalam arahan sekaligus membacakan sambutan Walikota Surakarta mengatakan bahwa pelaku UMKM harus tetap bisa bertahan dan menyesuaikan Pandemi Covid-19  dengan beradaptasi menggunakan teknologi untuk membantu usaha mereka tetap bertahan atau malah semakin berkembang. “Penjualan secara on line laris sekali. Dan kesempatan kali ini yang digelar Kementerian Kominfo untuk melatih UMKM belajar digital marketing sesuai dengan visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Surakarta untuk meningkatkan UMKM Kota Surakarta bertahan bahkan semakin meningkat ke kelas menengah ke atas,” ujar Teguh.

Di sisi lain hal tersebut juga dapat dilaksanakan agar UMKM Kota Surakarta mampu bersaing sehingga turut membranding Kota Solo yang tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, dan wisata, namun juga sebagai kota perdagangan digital, kuliner dan smart city.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pembekalan oleh Dinas Kominfo dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Instruktur yang dihadirkan berasal dari Universitas Gajah Mada dan BRI Surakarta dengan 13 jam pelajaran selama dua hari. Kemudian materi pelatihan berupa Dasar Pengelolaan Keuangan, Aplikasi Pengelolaan Keuangan Digital,  Dasar Digital Marketing, Akses permodalan dan Digipreneur Naik Kelas dan Go Global.

Sementara itu Suwarto, Perwakilan BPSDMP Kemenkominfo Yogyakarta menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh untuk meningkatkan pendapatan usahanya, mengelola keuangan dan akses dana dengan memanfaatkan teknologi. “Kemenkominfo membantu upskilling atau reskilling pelaku usaha atau yang merintis usaha, menyiapkan pengusaha tangguh yang memanfaatkan teknologi digital dan membantu meminimalisir pengangguran terbuka di masyarakat,” terang Suwarto. Suwarto juga berharap output kegiatan tersebut mampu dimanfaatkan peserta dalam merencanakan, mengelola keuangan dan mendistribusikan informasi mengenai produk usaha mereka.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

291

Visitors today

188

Visits total

363,857

Visitors total

285,223

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta