Pemerintah Kota Surakarta
Hidden Gems Wisata Sejarah di Kota Solo: Museum Mana yang Bisa Kamu Kunjungi?
  February 5, 2022 12:10

Ditengah maraknya akses wisata kekinian dengan nuansa futuristik dan modern, siapa sangka kalau di Kota Solo juga terdapat alternatif destinasi wisata yang sarat akan budaya. Menyelami nilai leluhur, mencari sejarah asal usul, hingga berburu tempat yang anti mainstream, berikut referensi museum bersejarah di Kota Solo yang bisa kamu kunjungi!

  1. Museum Keris Nusantara

Diresmikan oleh presiden Jokowi pada 2017 lalu, museum ini merupakan tindak lanjut dari dikukuhkannya keris sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Di museum ini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis keris serta video pembuatan keris dari awal sampai akhir. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mempelajari bagaimana tata cara merawat hingga menggunakan keris (membuka dan menutup) yang baik dan benar!

Museum Keris buka dari hari Selasa hingga Minggu mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. Tiket masuknya pun sangat terjangkau mulai dari Rp.4.000 sampai dengan Rp.7.500 saja!

  1. Radya Pustaka Museum Nusantara

Museum yang awalnya bernama Paheman Radyapustaka ini didirikan pada tahun 1890. Museum ini menyimpan sejarah perkembangan seni dan budaya Jawa seperti manuskrip yang terdiri dari cerita wayang, sejarah keraton, tari, hingga musik gamelan; arca batu; keramik; hingga wayang dan alat musik.

Radya Pustaka Museum Nusantara buka setiap hari Selasa hingga MInggu mulai dari jam 09.00 hingga 16.00 WIB.

  1. Museum Lokananta Solo

Nama Lokananta tentu tidak asing lagi bagi para pecinta musik. Museum Di sini pengunjung bisa melihat jejak rekam industri musik Indonesia dari berbentuk piringan hitam hingga digital seperti sekarang. Lokananta juga memiliki ruangan rekaman yang bisa dipakai oleh para musisi. Tercatat almarhum Glenn Fredly dan penyanyi Waljinah pernah merekam karya mereka di sini.

  1. Museum Batik Danar Hadi

Mungkin beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan nama batik yang satu ini. Memiliki ketenaran dari desain, jahitan, dan kualitasnya, Museum Batik Danar Hadi merupakan salah satu wisata museum di Solo yang menarik untuk dikunjungi. Museum ini dibangun oleh perusahaan batik asal Solo, PT. Batik Danar Hadi pada tahun 2008. Dengan gaya kolonial Eropa dan 11 ruangan di dalamnya, pengunjung bisa menikmati berbagai koleksi dan sejarah batik baik di Indonesia maupun mancanegara. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa langsung mengikuti workshop membatik yang ditawarkan di museum ini!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

10

Visits total

427,335

Visitors total

331,904

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta