Pemerintah Kota Surakarta
Kota Solo Jaga dan Rawat Pasar Tradisional
  February 8, 2022 13:19

Solo merupakan salah satu kota yang mampu menjaga pasar tradisional ditengah maraknya toko modern. Hingga kini masih tercatat setidaknya ada 44 pasar tradisional Solo, meskipun tidak semua melayani kebutuhan sehari-hari. Pemerintah Kota Surakarta dan masyarakat Solo masih terus bersama-sama menjaga siklus kehidupan pasar tradisional.

Dengan jumlah mencapai 44 tempat dan saat ini kelurahan di Solo berjumlah 54 kelurahan. Dengan demikian hampir setiap kelurahan terdapat satu pasar. Beberapa pasar memang memperdagangkan jenis tertentu. Seperti Pasar Depok yang banyak menjual unggas, Pasar Ikan Balekambang, Pasar Klewer yang banyak menjual konveksi, Pasar Klithikan menjual berbagai kelengkapan kendaraan, sound, alat olahraga dan lainnya.

Kontribusi pasar tradisional sangat signifikan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah. Bahkan beberapa pasar diantaranya sudah direnovasi dengan bangunan baru. Yang terakhir, baru diresmikan adalah Pasar Legi, pusat jual beli sayur mayur kelas pedagang besar. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kota Surakarta dalam menjaga pasar tradisional agar tidak tergerus oleh zaman. 

Pemerintah Kota Surakarta benar-benar memperhatikan keberlangsungan pasar. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya lewat program digitalisasi pasar demi menjaga pasar tradisional tidak ditinggalkan oleh pembelinya. Disisi lain, banyak keluarga yang menggantungkan hidupnya dari kehidupan pasar. Bukan hanya pedagang, tukang parkir, buruh angkut atau gendong, petugas kebersihan dan lainnya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,356

Visitors total

330,684

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta