Pemerintah Kota Surakarta
Kampung Arab di Solo
  February 11, 2022 10:40

Kota Solo dikenal sebagai rumah dari berbagai budaya, baik itu budaya lokal maupun budaya pendatang tak terkecuali budaya Timur Tengah. Termasuk Pasar Kliwon kini menjadi salah satu tempat yang dikenal sebagai pusat pemukiman Etnis Arab di Solo. Tak hanya Etnis Tionghoa yang berkembang pesat di Pasar Gede, namun eksistensi Etnis Arab di Kota Solo masih terjaga dan terus berkembang hingga kini. 

Akulturasi beragam budaya ini dapat terjadi karena masyarakat Solo benar-benar menjaga beragam falsafah Jawa yang diajarkan oleh nenek moyang mereka. Salah satunya adalah “Rukun Agawe Santosa, Crah Agawe Bubrah” yang artinya hidup rukun pasti akan sentosa dan bila bertikai maka akan merugikan semua. Tak heran, pendatang selalu merasa nyaman hidup di Solo.

Awal mula kedatangan bangsa Arab yang menetap di Jawa berasal dari Hadramaut, Yaman. Dahulu orang-orang Arab yang sebelumnya singgah di Pantai Utara Jawa, yang bekerja sebagai pedagang  sekaligus  menyebarkan  agama Islam berlabuh di Bandar  Bengawan Semanggi  (pelabuhan  di  Bengawan Solo). Kemudian pedagang asing (termasuk Arab) memilih  bermukim  di  sekitar  aliran  sungai guna memudahkan kegiatan ekonomi. Hingga pada akhirnya mereka memilih menetap di Kawasan Semanggi.

Dengan adanya akulturasi budaya di seputaran Pasar Kliwon lambat laun menjadikan masyarakat mengenal budaya yang dibawa oleh mereka termasuk kuliner. Tak heran jika di Pasar Kliwon mudah ditemui kuliner berbau kambing seperti sate, gulai, krengseng dan nasi goreng daging kambing. Untuk kudapan yang kental nuansa Arab diantaranya kebab, roti konde, sambosa, susu kambing Etawa, hingga yoghurt susu kambing. Akulturasi tersebut membuat Solo dikenal dengan masakan gulai, sate, dan tongseng nya yang khas.

Bukan hanya kuliner, kawasan Pasar Kliwon juga jadi rujukan produksi aneka busana muslim, pusat aneka kurma, serta toko oleh-oleh haji. Warga Pasar Kliwon juga banyak yang memakai gamis, mukena, baju koko, hingga peci yang tidak akan dilewatkan bila berkunjung kesini. Kemudian warga setempat kerap mengadakan pembacaan Maulid, pembacaan kitab Al Barzanji, kajian, Shalawat dan majelis ilmu lainnya yang menyiratkan sebagai masyarakat yang religius. Bahkan salah satu acara Haul yang terkenal hingga ke mancanegara yaitu Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta