Pemerintah Kota Surakarta
“Bening Kekasihku” Mengurus Dokumen Kependudukan Paskanikah Jadi Mudah
  February 12, 2022 11:28

Satu lagi program dengan kata unik yang dikenalkan Pemerintah Kota Surakarta kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas layanan. Program tersebut adalah “Bening Kekasihku”, singkatan dari “Berkah Nikah Ganti KK KTP Sesuai Impian dan Harapanku”. Program yang mengintegrasikan data Pemkot dan Kemenag ini memberikan kemudahan bagi pasangan yang baru menikah untuk memperbarui dokumen kependudukannya.

Program yang baru berjalan per Januari 2020 ini sebelumnya telah diuji coba dan berlanjut hingga sekarang. Menariknya adalah mereka yang menikah di KUA akan langsung mendapatkan buku nikah, serta Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang sudah diperbarui status perkawinannya. Kemudahan ini tentu saja akan menghemat waktu karena tidak perlu lagi mendatangi Dinas Admindukcapil.

Adapun prosedur maupun alur pembaruan data yang dimaksud adalah sebagai berikut. Pasangan menyerahkan berkas pernikahan ke KUA, lalu petugas KUA akan mengirimkan data pasangan kepada Dinas Admindukcapil. Kemudian verifikasi data oleh petugas, jika data sudah lengkap maka akan dibuatkan KK dan KTP terbaru. Dinas Admindukcapil akan menyerahkan KK dan KTP baru ke KUA. Kemudian petugas KUA memberikan KK dan KTP terbaru kepada pasangan usai pernikahan

Pemerintah Kota Surakarta dan Kantor Urusan Agama memastikan dengan program tersebut akan menguntungkan semua pihak. Sementara ini, Bening Kekasihku masih berlaku bila kedua pasangan sama-sama memiliki KTP Surakarta. Bila salah satu di antara mereka bukan dari Solo, akan tetap dilayani asalkan bersedia mengajukan izin pindah KTP ke Solo. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan Pemkot akan melakukan terobosan agar pernikahan masyarakat Kota Solo dengan luar kota bisa diproses lewat Bening Kekasihku juga.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai program ini bisa melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, atau melalui WA ke 085-755-795-000 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

26

Visitors today

14

Visits total

425,382

Visitors total

330,698

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta