Pemerintah Kota Surakarta
Untuk Warga Kota Solo, Bikin KTP Bisa Drive Thru
  February 17, 2022 09:02

Pemerintah Kota Surakarta terus melakukan inovasi terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Dengan memanfaatkan pemanfaatan teknologi demi efektifitas dan efisiensi sumberdaya. Program terbaru yang diresmikan pada 17 Februari 2022 adalah layanan pembuatan KTP dan Kartu Identitas Anak secara drive thru. Dengan layanan ini, warga yang hendak membuat KTP tidak perlu turun dari mobil atau kendaraannya. Karena itu, layanan ini dinamakan Lantatur atau Layanan Tanpa Turun.    

Bagi Pemerintah Kota Surakarta, inovasi pada layanan pembuatan kartu identitas warga ini juga bermanfaat untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sumberdaya. Sebelumnya, Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Admindukcapil) telah melakukan serangkaian uji coba di Kantor Kecamatan Jebres serta Laweyan. 

Proses uji coba berjalan lancar. Setiap warga yang mengurus dokumen mampu dilayani dalam waktu 3 menit, dengan asumsi semua data yang dibutuhkan sudah lengkap. 

Untuk bisa memanfaatkan fasilitas baru ini, warga perlu lebih dulu mendaftar secara online melalui aplikasi “Dukcapil Dalam Genggaman”. Lalu pilih layanan Lantatur/drive thru. Setelah itu maka pemohon diminta mengunggah kelengkapan dokumen dan petugas akan memverifikasi dokumen yang dikirimkan. 

Apabila tidak ada keterangan atau dokumen yang perlu ditambahkan maka pemohon akan mendapat notifikasi datang ke lokasi layanan Lantatur. Selanjutnya KTP atau KIA dapat diambil setelah menunjukkan notifikasi kepada petugas pelayanan.

Uji coba yang dilakukan di Kecamatan Jebres dan Laweyan tersebut, merupakan upaya memastikan apakah aplikasi berjalan baik serta mengevaluasi kelebihan dan kekurangan yang ada. Selain itu juga menjadi layanan yang dapat memudahkan masyarakat tanpa turun dari kendaraan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta