Pemerintah Kota Surakarta
Ngadem di Kebun Binatang Jurug
  February 21, 2022 10:05

Warga Kota Solo mestinya berbangga karena memiliki kebun binatang, selayaknya kota-kota maju di seluruh dunia. Berlokasi persis di batas kota paling timur dan di tepian Bengawan Solo, Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), terus berbenah agar mampu menjadi tempat wisata yang menarik di tengah hiruk-pikuk kemajuan zaman. Bahkan Pemerintah Kota Surakarta sudah mewacanakan rencana pembenahan.

TSTJ sendiri memiliki sejarah yang sangat panjang. Mulanya, koleksi satwanya merupakan pindahan Kebun Binatang Sriwedari yang didirikan oleh Sri Susuhunan Paku Buwono X, pada tanggal 17 Juli 1901. Saat ini, TSTJ berlokasi di Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126.

Berdiri di lahan seluas sekitar 14 hektar, TSTJ saat ini memiliki koleksi satwa dari 67 jenis dengan total 331 ekor. Sejumlah wahana juga terus ditambahkan untuk meningkatkan daya tarik wisata di sana, antara lain wisata edukasi, tunggang satwa, serta permainan. Wisata edukasi berupa informasi terkait satwa koleksi. Tunggang satwa yakni layanan bagi pengunjung yang ingin menaiki satwa tertentu, yaitu gajah, unta, dan kuda. Sedangkan wahana lainnya berupa sepeda air, istana balon, kereta listrik, kereta wisata, dan ATV.

TSTJ merupakan perpaduan antara kebun binatang dengan taman hutan kota. Berbagai jenis pepohonan rindang ada di sana, di antara kandang-kandang binatang koleksi. Tempat ini sangat teduh dan nyaman. Sangat sesuai untuk tempat ngadem bagi warga Solo dan sekitarnya yang membutuhkan tempat untuk melepas penat sekaligus belajar tentang satwa.

Pada masa pandemi ini, TSTJ menerapkan protokol kesehatan dengan membatasi usia pengunjung. Pengunjung usia di bawah dengan 12 (dua belas) wajib didampingi orang tua, khusus anak usia 6 (enam) tahun sampai dengan usia 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama (SE PPKM Walikota Surakarta nomor KS.00.23/607/2022) . Batas jumlah pengunjung maksimal 2.000 per hari, serta mengharuskan pengunjung pembelian tiket secara online dan memakai masker saat berada di lokasi. Tiket cukup murah, yaitu Rp 25.000 per orang, dengan jam buka  pukul 08.00-16.00 WIB. Masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai cinderamata menarik di lokasi karena banyak pedagang menjual pernak-pernik TSTJ. Untuk info lebih lengkap bisa kunjungi akun instagram @jurugsolozoo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta