Pemerintah Kota Surakarta
Melihat Geliat Potensi Urban Farming di Solo
  February 24, 2022 13:20

Sebagai salah satu kota yang menjadi barometer peningkatan ekonomi, sosial, dan pemerintahan di Indonesia, Solo juga turut dinilai memiliki potensi pertanian perkotaan atau urban farming. Langkah ini dinilai menjadi salah satu solusi peningkatan sumber penghasilan keluarga. Selain itu, sejalan dengan konsep Kota Solo yang pernah mencanangkan pembudidayaan tanaman pangan dan rempah-rempah sebagai identitas kota dalam penerapan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang digagas Kementerian Pertanian.

Bantuan program P2L untuk masyarakat Kota Solo telah terdistribusikan diantaranya berupa 1 unit green house, 5 unit cultivator, dan 1 unit power thresher dengan nilai kurang lebih Rp 1,5 miliar. Hal ini dilakukan pemerintah untuk mendukung masyarakat Solo supaya bisa mencukupi kebutuhan dari pekarangan rumah sekaligus membantu perekonomian mereka khususnya di masa pandemi seperti ini.

Urban farming bisa menjadi salah satu solusi bertani di antara hambatan luas tanah pertanian yang semakin menyusut. Karena melalui urban farming, masyarakat bisa melakukan aktivitas pertanian di lahan yang terbatas dengan mengoptimalkan pembudidayaan tanam melalui media lain. Salah satunya seperti tanaman hidroponik yang menggunakan instalasi pipa dan air bernutrisi sebagai media tanamnya.

Karena bagaimanapun kebutuhan masyarakat akan asupan buah dan sayur tidak berkurang terlebih di masa pandemi. Beberapa pelaku urban farming pun mengalami perubahan tujuan dari sekadar hobi dan pemenuhan pangan keluarga menjadi sumber pendapatan keluarga. Sehingga, peluang ini bisa dimanfaatkan secara baik.

Dengan pengelolaan dan distribusi yang masif serta terstruktur, geliat pertumbuhan urban farming ini bisa memperpendek rantai distribusi pangan, memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Solo sekaligus menggerakkan bisnis pangan di kota Solo. Oleh karena itu, diperlukan wadah untuk mempertemukan produsen dan konsumen pangan di kota Solo. Kedepannya, diharapkan antusias warga, pendampingan dari pemerintah dan pihak terkait, serta penerapan konsep urban farming melalui bantuan yang telah diberikan Kementerian Pertanian bisa terus berjalan, supaya program urban farming ini dapat terlaksana dengan baik.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta