Pemerintah Kota Surakarta
Pengelolaan Koperasi di Era Digital Bersama SIPBENING
  February 28, 2022 13:22

Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Solo meluncurkan Sistem Informasi Pengelolaan Koperasi Berbasis E-Learning (SIPBENING). Situs ini memungkinkan keberlanjutan penyuluhan tentang perkoperasian dan berbagai informasi lain kepada unit koperasi yang berada di Kota Solo dapat terus terlaksana walaupun masih di masa pandemi. SIPBENING juga dinilai bisa meningkatkan efisiensi akses informasi. Sehingga, diharapkan koperasi memperoleh bahan, acuan serta landasan yang tepat untuk dapat mengelola koperasi menjadi koperasi yang berkualitas.

Baik pengelola, anggota, maupun masyarakat yang ingin mendirikan koperasi bisa mengakses SIPBENING melalui https://edudinkopsolo.id untuk mendapatkan berbagai informasi terkini seputar koperasi. Melalui situs ini, pengelolaan koperasi yang dulunya person to person sekarang bisa disajikan dalam bentuk e-Learning dengan jangkauan lebih luas dan cepat. 

SIPBENING memiliki visi untuk menciptakan tata kelola koperasi secara profesional dan berkualitas. Sementara misi SIPBENING adalah menyediakan informasi pengelolaan koperasi yang dapat diakses secara lebih mudah dan update dari manapun dan kapanpun, serta mewujudkan koperasi yang sehat, mandiri, berkembang dan berdaya saing.

UU No.25 Tahun 1992 tentang perkoperasian menjelaskan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang perseorangan atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Melalui keberadaan SIPBENING, diharapkan masyarakat bisa menyambut antusias dan lebih mendapatkan pemahaman yang mendalam terkait dengan tata cara pelaksanaan koperasi yang sesuai dengan undang-undang.

Tak hanya melalui laman situs, edukasi dan pertanyaan lain terkait koperasi juga bisa diakses masyarakat Kota Solo secara langsung melalui live chat di website SIPBENING. Dengan kemudahan ini, diharapkan koperasi di Kota Solo bisa berkembang dan maju serta dapat mensejahterakan para anggotanya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta