Pemerintah Kota Surakarta
Pemerintah Kota Surakarta Kebut Vaksinasi untuk Pemulihan Ekonomi
  March 9, 2022 15:30

Pemerintah mencanangkan percepatan vaksin untuk segera membentuk herd immunity di tengah masyarakat. Langkah ini sebagai upaya untuk menekan penularan virus Covid-19. Kebut vaksin dilakukan agar seluruh masyarakat mendapatkan vaksin secara rata, diantaranya vaksin dosis 1, dosis 2, dan booster. Vaksin booster berguna untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh setelah menerima dosis awal. 

Dinas Kesehatan Kota Surakarta saat ini telah mendapat jatah vaksin booster dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Menindaklanjuti hal tersebut, Dinkes Kota Surakarta akan melakukan vaksinasi gratis pada warga Solo, pada tanggal 9 sampai 12 Maret 2022. Dimulai pada pukul 08.00 sampai 11.00 WIB, dengan pemberian vaksin dosis 1, dosis 2, dan booster. Untuk vaksin dosis 1 dan dosis 2 akan menggunakan jenis Astrazeneca. Syarat yang harus dipenuhi, yaitu dengan membawa KTP, usia penerima vaksin lebih dari 18 tahun, dan dengan kondisi sehat. Bagi peserta vaksin booster diwajibkan membawa kartu vaksin dosis 1 dan dosis 2, dengan jenis vaksin sebelumnya adalah Sinovac, Corona Vac, Bio Farma, maupun Astrazeneca. Peserta dapat diberikan vaksin booster, jika jarak dengan vaksin dosis 2 sudah lebih dari tiga bulan.

Lokasi dilakukannya vaksin adalah di seluruh puskesmas Kota Solo, RSUD Bung Karno, dan RSUD Ibu Fatmawati Soekarno (Ngipang). Tidak ada reservasi online, karena pendaftaran secara langsung di lokasi. Diharapkan peserta membawa bolpoin sendiri, untuk mengisi form vaksinasi yang telah disediakan petugas di lapangan.

Masyarakat dihimbau untuk tidak takut untuk melakukan vaksin. Sebab, selain menciptakan herd immunity, dengan adanya vaksin, jika terpapar virus Covid-19, gejala yang ditimbulkan tidak separah ketika belum memperoleh vaksin. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

468

Visitors today

427

Visits total

534,473

Visitors total

426,675

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta