Pemerintah Kota Surakarta
Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Jantungnya Budaya Kota Solo
  March 12, 2022 10:29

Keragaman budaya Kota Solo meliputi banyak jenis, diantaranya seni pertunjukan. Kota yang baru saja berusia 277 tahun tersebut memiliki beberapa tempat untuk pementasan seni, salah satunya adalah Taman Budaya Jawa Tengah (TBTJ). Meskipun, namanya mengandung unsur Jawa Tengah, tetapi status kepemilikannya oleh pemerintah provinsi. Biasanya taman budaya akan berada di ibukota provinsi, namun tidak demikian dengan TBTJ. Alasannya karena, Kota Solo merupakan pusat budaya Jawa ketika menjadi saksi bisu keberlangsungan Keraton Kasunanan dan Keraton Mangkunegaran yang sarat dengan kultur seni yang filosofis.

Bangunan yang menjadi tanggung jawab dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ini telah memasuki usia 42 tahun. Berlokasi di Jalan Ir. Sutami Nomor 57 Solo. Mulanya, bangunan TBJT berada di lingkungan keraton bersama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) dan Proyek Pengembangan Kesenian Jawa Tengah (PKJT) di Sasono Mulyo Baluwarti Surakarta. TBTJ digagas pertama kali berdasar SK Menteri Nomor 0276/0/1978, namun baru terealisasi pada 1981, dan dibangun atas prakarsa SD. Humardani, atau yang akrab dipanggil Pak Gendhon.

Dulu masyarakat Solo menyebutnya dengan TBS alias Taman Budaya Solo dan sudah rutin menjadi tempat pagelaran seni tradisional, seperti wayang kulit, keroncong, klenengan, dan musik rakyat, diluar derasnya event seni “modern” seperti SIPA dan lainnya. Berbagai ajang ini makin mengokohkan kuatnya Kota Solo sebagai Kota Budaya. Bukan hanya mempertontonkan ajang seni, TBTJ juga menyimpan koleksi yang beragam. Seperti galeri seni rupa yang mempunyai gedung sendiri. Lalu ada juga koleksi dokumentasi buku, foto, kaset suara, kaset video, VCD, DVD, serta mini DV dari berbagai karya seni. 

Meski berada di kawasan timur Surakarta, keberadaan TBTJ nyaris tak absen dalam menggelar berbagai event seni. Hal ini juga dipengaruhi letaknya yang sangat dekat dengan ISI Surakarta dan UNS. Kedua perguruan tinggi ini turut meramaikan berbagai seni pertunjukan. Masyarakat yang ingin menggelar atau melihat agenda di TBTJ dapat mengakses website https://tamanbudayajateng.com baik agenda di Pendopo Ageng, Pendopo Alit Wisma Seni, Wisma Seni dan Teater Arena

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

46

Visitors today

26

Visits total

425,642

Visitors total

330,846

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta