Pemerintah Kota Surakarta
Sejarah Perjalanan Monumen Pers
  March 20, 2022 14:32

Monumen Pers di Solo sebenarnya dibangun awal tidak diperuntukkan bagi pers. Sebab berdirinya bangunan dengan hari lahirnya pers lebih dulu bangunan tersebut. Bangunan Monumen Pers didirikan sekitar tahun 1918 melandaskan mandat Mangkunegara VII (Pangeran Surakarta). Tujuan mendirikan bangunan tersebut sebagai tempat untuk bertemu dan berkumpul.

Pada masa itu, bangunan tersebut dinamakan Societeit Sasana Soeka, serta dirancang oleh Mas Aboekassan Atmodirono. Lima belas tahun kemudian sekitar tahun 1933, Sarsito Mangunkusumo dan sejumlah insinyur lainnya bertemu ditempat ini. Mereka menginisiasi Solosche Radio Vereeniging, radio publik pertama yang dikelola oleh pribumi Indonesia. 

Pada tahun 1937, Putri Mangkunegara VII, Gusti Nurul membawakan tari Bedhaya Srimpi di Istana Kerajaan Belanda di Den Haag dengan diiringi musik gamelan. Tampilan ini kemudian menyiarkan musik gamelan dari Solo guna mengiringi penampilan Gusti Nurul. Inilah momentum penting media elektronik pada zaman kemerdekaan. Tepat pada 9 Februari 1946, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di deklarasikan di tempat ini. 

Meski sempat dijadikan tempat deklarasi PWI, sewaktu pendudukan Jepang di Hindia Belanda, gedung ini dijadikan klinik untuk perawatan tentara, sehingga selanjutnya difungsikan menjadi kantor Palang Merah Indonesia ketika Indonesia memasuki masa Revolusi Nasional Indonesia.

Para jurnalis senior, seperti Rosihan Anwar, BM Diah dan S Tahsin menginisiasi pendirian yayasan yang menaungi berbagai perjalanan kesejarahan pers Indonesia. Akhirnya yayasan ini diresmikan pada 22 Mei 1956 dengan menyimpan berbagai koleksi yang mayoritas pemberian Soedarjo Tjokrosisworo. Melewati perjalanan waktu, nama “Monumen Pers” ditetapkan pada 1973 yang lahannya disumbangkan tahun 1977. Monumen pers resmi dibuka pada 1978 oleh Presiden Soeharto.

Saat ini, Monumen Pers menyimpan berbagai koleksi benda-benda perkembangan teknologi komunikasi serta teknologi reportase. Berbagai media nasional juga menjadi koleksi penting di Monumen Pers dan sekarang sudah banyak yang digitalisasi sebagai upaya perawatan lebih mudah serta memudahkan pengunjung untuk mengkaji atau melakukan penelitian pemberitaan pada era lama. Edisi terbaru beberapa media juga tersedia sehingga pengunjung dapat membaca media cetak di ruang baca.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta