Pemerintah Kota Surakarta
Bimtek IKM, Solusi Tepat Pengembangan IKM di Kota Solo
  March 28, 2022 13:38

Bimbingan teknis atau bimtek sering disebut juga sebagai pelatihan, merupakan satu kegiatan yang mengumpulkan sekelompok peserta bimbingan untuk diberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan atas pengadaan suatu barang atau jasa. 

Saat ini sedang digencarkan pelaksanaan bimtek yang diperuntukkan bagi pelaku usaha Industri Kecil Menengah. Dengan tujuan untuk mendorong munculnya pengembangan produk-produk IKM, atau bahkan memunculkan jenis industri baru. 

Dari berbagai daerah di Indonesia, Solo merupakan salah satu yang memberikan perhatian besar dalam pengembangan IKM maupun UKM dalam masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari pembentukan PLUT KUMKM Surakarta sebagai pusat pengembangan UKM, dan Sentra IKM Semanggi Harmoni sebagai pusat pengembangan IKM di kota Solo. 

Pada pusat-pusat pengembangan usaha dan industri kecil menengah tersebut sering diadakan bimbingan teknis yang bisa diikuti oleh pelaku IKM dari penjuru kota. Bimtek yang dilaksanakan pun, beragam mulai dari operasional industri seperti prosedur dan tata cara pembuatan produk, keterampilan tertentu, desain produk dan kemasan, sampai hal-hal manajerial seperti pengelolaan SDM, finansial, dan strategi pemasaran yang menarik. 

Baru-baru ini IKM Semanggi Harmoni baru saja mengadakan bimtek IKM rajut yang diadakan pada tanggal 21 sampai 26 Maret 2022. Pengusaha atau calon pengusaha yang memiliki ketertarikan untuk mengikuti bimtek dapat mengecek jadwal bimtek terbaru salah satunya melalui Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni di instagram @semanggiharmonikreatifhub atau melalui link https://linktr.ee/semanggiharmoni

Apabila ada bimbingan teknis terbaru, biasanya link registrasi akan disertakan pada postingan bimtek yang dipublikasikan. Anda juga bisa mencari informasi secara langsung di Sentra IKM atau PLUT KUMKM, dan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kota Surakarta. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

424,962

Visitors total

330,423

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta