Pemerintah Kota Surakarta
Spot Wisata Budaya yang Wajib Kalian Datangi Kalau Liburan ke Solo
  April 3, 2022 14:25

Wisata budaya atau cultural tourism merupakan sektor pariwisata yang objeknya menarik wisatawan melalui seni dan budaya yang berada di suatu daerah. Dengan berbagai daerah yang memiliki tradisi adat berbeda-beda, Indonesia menjadi negara yang menarik dikunjungi bagi wisatawan. Seperti di Kota Solo, mempunyai beragam obyek wisata budaya khususnya berkaitan dengan kebudayaan Jawa.

Di antara puluhan provinsi, dan ribuan kota yang ada di Indonesia, Solo merupakan salah satu kota dengan warisan budaya paling kaya. Berikut beberapa wisata budaya yang bisa kalian nikmati apabila berkunjung ke Kota Solo. 

  1. Keraton Kasunanan Surakarta 

Keraton Surakarta bisa dibilang sebagai warisan budaya yang paling penting dan strategis di Kota Solo. Objek wisata di Keraton Surakarta meliputi bangunan inti keraton, gladak, kompleks alun-alun, masjid agung, pasar klewer, hingga kebo bule Kyai Slamet yang dikeramatkan sebagai salah satu pusaka keraton. 

  1. Pagelaran Wayang Kulit 

Pertunjukkan wayang kulit digelar semalam suntuk setiap malam Jumat Kliwon, di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) tepatnya di Pendopo Ageng Gendhon Humardani. Dimulai dari pukul 19.30 WIB, lakon dan dalang yang membawakan pun selalu berganti-ganti setiap bulannya, seperti Bendhahe Loka Pala, Mbangun Taman Banoncinawi, dan lain sebagainya. Untuk penonton yang tidak bisa hadir secara langsung dapat melihat Live Streaming di Youtube Taman Budaya Jawa Tengah.

  1. Museum Batik Kuno Danar Hadi 

Pendirian museum dilakukan pada tahun 2008 oleh PT Batik Danar Hadi.. Sesuai ketenarannya, Museum ini memiliki lebih dari 10.000 helai kain batik, dan telah diakui oleh MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak. Lokasinya berada di Jalan Slamet Riyadi Nomor 261, Sriwedari, Laweyan. 

Wisata budaya di atas hanyalah sebagian kecil dari seluruh destinasi wisata budaya yang ada di Kota Solo. Tentunya Solo masih punya segudang spot wisata lucu, artsy, dan keren, yang harus Anda jajal sendiri untuk menikmati betapa kaya warisan budaya yang ada di kota batik ini. Yuk, jalan-jalan ke Solo! 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

26

Visitors today

15

Visits total

425,529

Visitors total

330,779

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta