Pemerintah Kota Surakarta
Sky Bridge Solo Balapan, Jembatan Penghubung Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi
  April 26, 2022 13:35

Sky Bridge Solo Balapan sesuai dengan namanya merupakan sebuah jembatan melayang yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Tipe A Tirtonadi di Kota Solo.

Jembatan yang sudah dibangun sejak tahun 2017 ini ditujukan untuk mengembangkan fasilitas koneksitas intermoda transportasi, karena dengan melewati Sky Bridge Solo Balapan, jarak antara stasiun dan terminal yang lebih dari satu setengah kilo bisa ditempuh hanya dalam jarak 650 m saja.

Dengan Sky Bridge Solo Balapan, penumpang kereta yang akan melanjutkan perjalanan dengan bus ataupun sebaliknya, bisa langsung melewati jembatan tanpa harus keluar terminal maupun stasiun.

Keamanannya pun terjamin, karena ada kaca pembatas dan palang pegangan yang melintang di sepanjang jembatan. Dari atas jembatan, pengguna juga akan disuguhi pemandangan yang cukup menarik yaitu perkampungan warga Kelurahan Gilingan, dan jalur kereta api yang melewati Stasiun Solo Balapan.

Yang perlu menjadi catatan adalah penumpang KA bisa langsung mengakses sky bridge untuk menuju Terminal Tirtonadi, namun tidak semua penumpang dari terminal Tirtonadi bisa melewati Sky Bridge Solo Balapan untuk mencapai stasiun. Hal ini disebabkan untuk akses penumpang ke stasiun harus menunjukkan tiket kereta yang akan dinaiki.

Saat ini jembatan melayang di antara Stasiun Balapan dan Terminal Tirtonadi ini masih terus mengalami perawatan agar dapat difungsikan kembali, setelah sebelumnya sempat ditutup karena pembatasan aktivitas transportasi selama pandemi Covid-19. Apalagi mulai tahun ini pemerintah telah memperbolehkan mudik dengan syarat sudah menjalani vaksinasi.

Kalau kalian sudah pernah lewat Skybridge Solo Balapan belum nih?

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta