Mudik Via Tol Solo-Ngawi, Ini Tarif Terbarunya
April 27, 2022 12:10
Mudik Aman, Selamat Sampai Tujuan
April 28, 2022 12:58

Yuk! Main Teman Bagas, Game Seru untuk Tanamkan Kesadaran Berkendara bagi Anak-Anak Solo

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Solo telah secara resmi ditunjuk oleh POLRI sebagai Kota percontohan smart city, khususnya dalam penyelesaian permasalahan jalan raya berbasis elektronik. 

Hal ini terjadi bukannya tanpa alasan, karena selama ini Kota Solo telah mengembangkan beberapa aplikasi mandiri, dalam menumbuhkan kesadaran berkendara di jalan raya, salah satunya adalah game bernama “Teman Bagas”.  

Teman bagas adalah game besutan Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, yang telah diluncurkan sejak tahun 2019, dan bisa diunduh dengan mudah melalui Google Play Store. Game ini berisi petualangan seru berlalu lintas di Kota Solo, mulai dari jalan kaki, naik bus, mobil, ataupun naik motor.  

Dishub Solo mengembangkan permainan ini untuk memberikan edukasi, dan pemahaman berkendara sejak dini dalam berlalu lintas yang baik, dan tertib aturan. Karena itulah sasaran utama game ini sebenarnya adalah anak-anak kecil, untuk memberikan pendidikan sejak dini tentang aturan berlalu lintas di jalan raya, menggunakan metode yang menyenangkan dan interaktif. 

Nantinya pengguna akan bermain sebagai Bagas, dan menyelesaikan empat level permainan, yang disertai dengan tantangan-tantangan seru mencari bendera berisi pertanyaan mengenai lalu lintas. Jika pemain berhasil menyelesaikan tantangan, maka akan ada poin yang didapatkan, sebaliknya apabila gagal akan ada pengurangan poin atau hukuman. 

Dengan metode edukasi yang menyenangkan seperti game, Pemerintah Kota Surakarta berharap anak-anak yang lebih cepat memahami tata cara berlalu lintas yang baik, sehingga di masa depan bisa mewujudkan kehidupan jalan raya yang aman dan nyaman. 

Comments are closed.