Pemerintah Kota Surakarta
Hati-Hati! Penipuan Berkedok Arisan Online, Begini Cara Menghindarinya
  May 2, 2022 10:58

Baru-baru ini muncul tren kejahatan baru yang marak terjadi dalam masyarakat, yaitu penipuan yang berkedok arisan online. Telah banyak masyarakat menjadi korban, bahkan rugi hingga miliaran rupiah karena tidak mampu mengenali modus-modus penipuan yang mengatasnamakan arisan. 

Biasanya pelaku penipuan akan membuat grup chat publik di media sosial untuk mengajak orang-orang mengikuti arisan online, dengan iming-iming dan testimoni palsu mengenai keuntungan yang menggiurkan, mengirimkan pesan secara pribadi dan memaksa banyak orang ikut arisan tersebut, bahkan orang-orang yang tidak dikenal sekalipun. 

Pelaku juga memberikan janji bonus, apabila peserta arisan mampu mengajak lebih banyak orang untuk mengikuti arisan bodong, serta menjanjikan keuntungan tinggi yang bebas risiko. Lakukan langkah-langkah berikut agar terhindar dari arisan bodong. Pertama, hindari pola pikir menggunakan arisan sebagai ladang investasi, jadi Anda tidak akan menggelontorkan terlalu banyak uang dalam arisan. Kedua, sek saksama identitas penyelenggara, hindari penyelenggara-penyelenggara tanpa badan hukum yang jelas apabila dana yang dikelola mencapai ratusan hingga miliaran rupiah. Ketiga, bertindak logis dan jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan tinggi tanpa risiko, karena dalam hukum ekonomi berlaku high return=high risk. Jadi, bisnis apapun yang menawarkan keuntungan tinggi tapi minim risiko patut dicurigai sebagai modus penipuan. 

Mendapatkan uang banyak dalam waktu cepat memang menjadi hal yang didambakan banyak orang. Tapi pola pikir seperti ini kadang justru bisa merugikan diri sendiri, contohnya dengan mengikuti arisan online yang sekarang banyak dijadikan market penipuan baru. Jangan mudah tergiur, dan jika ada hal-hal yang mencurigakan, jangan takut untuk langsung melapor pada pihak yang berwajib.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

54

Visitors today

49

Visits total

414,666

Visitors total

324,788

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta