Pemerintah Kota Surakarta
Sejarah Pembangunan Masjid Agung Surakarta
  May 3, 2022 06:49

Masjid Agung Surakarta Kauman merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Islam yang masih berfungsi hingga sekarang. Lokasinya berada di kompleks Keraton Surakarta sebelah barat Alun-alun Utara. 

Berdirinya Masjid Agung Surakarta tidak lepas dari peristiwa pemindahan pusat Kerajaan Mataram Islam dari Kartasura ke Surakarta pada 17 Februari 1945 pada masa pemerintahan Pakubuwana II.  Pemindahan ini merupakan imbas dari peristiwa Geger Pecinan yang menyebabkan Keraton Kartasura hancur. Pembangunan masjid ini pun dilakukan bersamaan dengan pembangunan keraton baru di Surakarta.

Dari prasasti yang ada di dinding luar ruang utama Masjid Agung Surakarta diketahui bahwa masjid ini dibangun mulai tahun 1757 dan selesai diperkirakan pada 1768. Di masa pemerintahan Pakubuwono IV terjadi penambahan mustoko berbentuk paku bumi di puncak atap masjid. Penggantian tiang juga dilakukan pada tahun 1791 dari tiang berbentuk persegi menjadi tiang berbentuk bulat.

Di masa Pakubuwana VII pada 1850, serambi masjid diperluas dengan kolom-kolom bergaya doric dan lantai yang lebih rendah. Pagar tembok keliling masjid kemudian dibangun di tahun 1858. 

Pada masa pemerintahan Pakubuwono X, sebuah menara dibangun di halaman masjid. Untuk memudahkan penentuan waktu salat dibangun pula jam matahari. Selain itu, di tahun 1901 gapura utama diganti dengan gapura baru bergaya arsitektur Persia. Kolam air yang sebelumnya digunakan untuk bersuci diganti berbentuk pancuran atau keran. 

Penambahan terakhir dilakukan oleh Pemerintah Surakarta. Di area masjid dibangun perpustakaan, kantor pengelola dan poliklinik.

Di masa lalu pengurus masjid merupakan anggota abdi dalem keraton. Tapi kini, hanya kepala pengurus masjid yang menjadi abdi dalem keraton. 

Hingga saat ini, Masjid Agung Surakarta masih menjadi pusat tradisi Islam di Keraton Surakarta. Berbagai ritual keagamaan seperti maulud nabi masih dilaksanakan di masjid ini. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

4

Visitors today

2

Visits total

425,387

Visitors total

330,701

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta