Pemerintah Kota Surakarta
Berlibur ke Kota Solo? Yuk, Kenali Destinasi Wisata Kota Solo
  May 4, 2022 13:45

Kota Solo memiliki banyak sekali tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Untuk yang pertama, Kota Solo memiliki wisata budaya yakni sebuah kampung yang mana kebanyakan warganya adalah pengrajin batik, sayang jika kalian melewatkan destinasi wisata yang satu ini. Salah satunya di Kampung Batik Laweyan. Kampung Batik Laweyan menjadi salah satu sentra batik yang populer di kota solo. Tidak hanya sekedar berbelanja saja, pengunjung bisa mencoba membatik sendiri kain kalian, yang nanti hasilnya dibawa pulang sebagai souvenir.

Kedua, Kota Solo juga punya kampung batik lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Kampung Batik Kauman. Kampung Batik Kauman ini adalah kampung batik tertua di Kota Solo karena sudah berdiri sejak  tahun 1763-1788 pada saat Raja Keraton Surakarta Paku Buwono III membangun Masjid Agung Keraton. Motif motif batik di sini masih sangat khas Keraton Surakarta karena motif tersebut merupakan ciri khas dari batik di Kauman ini. 

Selain batik, Solo juga memiliki wisata budaya yang lain. Salah satunya adalah Museum Keris. Kunjungan museum di Kota Solo sekarang sudah terasa lebih seru karena adanya pendampingan dari tour guide pada saat kita mengelilingi museum ini. Di sini pengunjung bisa mempelajari sejarah dan makna dari keris itu sendiri. 

Destinasi wisata sejarah yang berikutnya adalah Pura Mangkunegaran. Pura Mangkunegaran dulunya adalah sebuah istana tempat kediaman raja atau adipati Mangkunegaran yang sekarang dialih fungsikan sebagai museum yang berisikan koleksi benda-benda bersejarah milik Pura Mangkunegaran. Museum ini dikelola oleh Pariwisata Mangkunegaran dan dibuka untuk umum. Tidak hanya museum, Pura Mangkunegaran juga bisa digunakan sebagai venue untuk event yang akan dilakukan di Kota Solo.

Rekomendasi destinasi wisata Kota Solo yang terakhir adalah Taman Balekambang. Di Taman balekambang ini, pengunjung bisa memberi makan binatang, melihat pertunjukan tari, memancing atau sekedar bersantai menikmati suasana taman yang sejuk. Taman ini dibuka untuk umum setiap hari mulai jam 7 pagi sampai jam 6 sore. Untuk masuk ke Taman ini, pengunjung tak perlu repot mengeluarkan uang karena wisata satu ini tidak di pungut biaya.

Itu tadi beberapa beberapa rekomendasi destinasi wisata Kota Solo yang bisa dikunjungi. Tentu masih banyak lagi destinasi wisata yang bisa dieksplor dari Kota Solo. Yukk, berkunjung ke Kota Solo dan nikmati keseruannya! 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta