Pemerintah Kota Surakarta
Raih Keuntungan dengan Piring Kaligrafi di Bulan Ramadan
  May 6, 2022 14:24

Berbeda dari seni lukis pada umumnya, di Solo anda bisa menemukan kaligrafi yang digambar di atas kanvas berbeda nan unik, yakni piring. Bila biasanya perabot rumah tangga piring digunakan sebagai alat makan, kali ini pengrajin di Pasar Kliwon Solo memanfaatkannya sebagai media seni kaligrafi. Terlebih di bulan Ramadan ini menjadi momentum yang tepat bagi mereka untuk meraup untung lebih besar dari bulan lainnya. 

Pedagang perabot di Pasar Kliwon, Solo, ternyata memanfaatkan perkakas bekas salah satunya piring sebagai medianya berkreasi. Dengan menggunakan cat minyak, mereka melukis kaligrafi yang dihiasi aneka bunga di atas piring-piring tersebut.

Piring kaligrafi buatan para pengrajin ini juga mendapatkan banyak pesanan terutama di bulan Ramadan seperti sekarang. Pesanan yang didapat biasanya berasal dari luar kota, dari Yogyakarta misalnya. Para pemesan biasanya ingin memasang piring kaligrafi buatannya untuk mempercantik rumah saat Lebaran nanti. Hasil kreasinya ini dijual dengan harga berkisar dari Rp 50.000 per buahnya, tergantung tingkat kesulitan kaligrafi. Saat ini hasil karya para pedagang ini dipasarkan melalui media sosial.

Salah satu pedagang yang menggeluti profesi pelukis kaligrafi piring adalah Fairuz, ia telah memulai usaha piring kaligrafinya sejak tahun lalu. Jika sebelumnya Fairuz menjual perabot-perabot lukis, di bulan Ramadan ia lebih berkonsentrasi untuk membuat dan menjual piring kaligrafinya. Di bulan Ramadan inilah ia mampu meraup untung lebih besar dari hasil penjualan piring kaligrafi tersebut.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

14

Visits total

425,220

Visitors total

330,602

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta