Pemerintah Kota Surakarta
Setelah Lebaran, Badan Jadi Melebar?Ini Dia Rekomendasi Olah Raga yang Bisa Anda Coba!
  May 14, 2022 09:48

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran tiba selain kumpul bersama keluarga yaitu menyantap berbagai sajian makanan dan cemilan yang tentu bikin perut keroncongan. Berbagai hidangan mulai dari ketupat, opor, rendang, sambal goreng, hingga nastar, castengel, putri salju, ditambah es sirup yang menggoda, sudah pasti menjadi hidangan-hidangan wajib yang ada di meja makan dan ruang tamu. Tidak masalah kalau memang ingin menyantap semuanya, namun yang jadi persoalan adalah semua makanan tersebut apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan secara terus menerus tentu akan menambah massa dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan olah raga. Kalori yang tinggi dan kolesterol yang menjadi ancaman terutama hidangan-hidangan bersantan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan. Apalagi jika Anda sedang menjalani diet, sudah pasti pola makan yang berubah saat lebaran akan sedikit mengacaukan program yang sedang Anda jalani.

Tapi tenang, Anda tidak perlu risau karena toh lebaran hanya setahun sekali. Yang paling penting adalah segera berolah raga agar badan kembali prima dan fit serta tidak melebar karena menyantap berbagai hidangan saat lebaran. Ada beberapa rekomendasi olah raga yang bisa Anda pilih dan bisa dilakukan di rumah.

Pertama, jogging atau lari. Olah raga ini merupakan olah raga yang banyak digemari masyarakat karena simple dan tidka membutuhkan biaya dalam melakukannya. Berlari dengan kecepatan santai, berkeliling komplek rumah atau lapangan terdekat bisa dilakukan. Sendiri atau ajak teman untuk berolahraga bersama juga tentu akan makin asik. Meski santai namun olah raga ini juga mampu membakar kalori hingga 280-520 kalori dalam waktu 30 menit.

Kedua, berenang. Untuk Anda yang ingin berolah raga namun tidak ingin berkeringat, berenang bisa menjadi pilihan. Tidka perlu menggunakan semua gerakan, mana saja yang membuat Anda nyaman seperti gaya katak pun tidak masalah. Yang terpenting yaitu bagaimana Anda tepat memanfaatkan olah raga ini untuk aktif bergerak. Untuk kecepatan sedang hingga rendah, berenang mampu membakar hingga 423 kalori sedangkan dengan kecepatan tinggi mampu membakar hingga 715 kalori dalam waktu 1 jam.

Ketiga, bersepeda. Memiliki sepeda di rumah, bisa Anda gunakan untuk bersepeda. Selain berolah raga, dengan sepeda Anda juga sekaligus bisa berkeliling menikmati pemandangan. Manfaat ganda yang didapat tentu menambah keseruan saat berolah raga dengan sepeda. Apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan teman, keluarga, atau komunitas. Pada kecepatan 16 km/jam, seseorang dapat membakar sebanyak 500-an kalori dalam waktu 30 menit. Bahkan, ketika Anda bersepeda hanya dengan kecepatan rekreasi atau sekitar 8 km/jam, tetap ada kalori yang terbakar yaitu sebanyak 75-155.

Keempat, yoga. Salah satu olah raga yang kini makin digemari ini juga mampu membakar kalori setara dengan berjalan kaki selama 1 jam, bahkan kalori yang dibakar lebih banyak yoga dibanding berjalan. Yoga yang dilakukan selama 1 jam mampu membakar kalori hingga 288 kalori. Selain mampu menurunkan berat badan, yoga juga sekaligus membentuk kekuatan otot tubuh. Bagi Anda yang tertarik mencoba yoga, bisa mengikuti instruksi yang ada di video-video youtube atau mengikuti kelas yoga.

Kelima, senam. Hampir mirip seperti menari namun senam memiliki gerakan-gerakan yang berfokus pada titik-titik tertentu untuk menguatkan otot-otot dan tubuh-tubuh yang menggelambir. Bisa dilakukan sendiri dengan melihat video senam atau mengikuti kelas di sanggar semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan waktu. Senam mampu membakar sebanyak 200-400 kalori dalam waktu 30 menit. Manfaat ganda juga didapat saat senam karena selain bahagia karena aktif bergerak, kalori yang dibakar juga lumayan tinggi.

Jadi, itu dia rekomendasi olah raga yang bisa Anda pilih. Baik di rumah maupun di luar, semua bisa dilakukan. Video youtube saat ini juga banyak sekali yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga sehingga tidak ada alasan untuk malas bergerak. Mari hidup sehat untuk badan yang lebih bugar!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

35

Visitors today

33

Visits total

414,647

Visitors total

324,772

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta