Per 14 Mei 2022, Kendaraan Wisata Listrik Kini Berbayar
May 15, 2022 10:42
CFD Solo Kembali Dibuka, Ini Rute Penyesuaian Perjalanan Batik Solo Trans
May 15, 2022 13:20

Hepatitis Akut Mulai Merebak, Apa Sebenarnya Itu?

Setelah COVID-19, kini dunia kembali ditantang dengan penyakit baru yang mulai merebak yaitu Hepatitis Akut. Banyak menyerang anak-anak, penyakit ini tak bia diidentikkan dengan penyakit Hepatitis yang ada sebelumnya. Penyebabnya belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Sehingga berbagai langkah preventif mulai diserukan terlebih di Indonesia sendiri kasusnya juga sudah mulai bertambah sekitar 18 kasus per 14 Mei 2022. Namun apa sebenarnya Hepatitis Akut ini?

Hepaitis Akut merupakan kondisi peradangan pada liver yang terjadi secara akut dilihat dari lama peradangan dan akibat yang ditimbulkan gangguan hati. Apabila lama peradangan berlangsung kurang dari 6 bulan maka kondisi itu disebut dengan hepatitis akut. Pada kasus-kasus yang terjadi belakangan, serangan ini datang secara tiba-tiba dan bergejala parah. Bahkan hepatitis ini dikatakan misterius oleh para ahli karena karakteristiknya yang berbeda. Penyakit misterius ini umumnya menyerang anak usia 11 bulan hingga 5 tahun. Perkiraan paling mungkin penyebab penyakit ini yaitu virus namun virus yang bagaimana itulah yang masih ditleliti hingga saat ini.
Untuk pencegahan, anak-anak harus diajarkan lebih ketat lagi untuk menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir, pastikan makanan yang dimakan selalu dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan dan minum, menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit, serta tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat di tempat umum. Langkah pencegahan ini tentu bukanlah yang sulit dilakukan karena hampir 2 tahun ketika pandemi COVID-19 melanda, langkah-langkah tersebut sudah kerap dilakukuan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Terus jadikan protokol kesehatan sebagai bagian dari kebiasaan diri karena kesehatan dimulai dari diri kita sendiri. Tetap jaga kesehatan dan terus waspada ya…

Comments are closed.