Pemerintah Kota Surakarta
Intip 10 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo
  May 18, 2022 13:03

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengumumkan lokasi titik prioritas pembangunan di Kota Solo. Hal ini menjadi langkah yang baik terhadap pembangunan Kota Solo. Nantinya, Solo dapat menjadi kota yang maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan kota-kota besar lainnya. 

Beberapa yang menjadi prioritas tersebut, antara lain, pertama pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Masjid ini merupakan pemberian dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Joko Widodo. Pembangunan masjid ini, berada di bekas SPBU Pertamina Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gilingan. Targetnya, masjid ini akan selesai dibangun pada bulan Agustus 2022. Kedua, pembangunan Islamic Center, yang lokasinya tak jauh dari Masjid Raya Sheikh Zayed. Tempat tersebut dapat menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Rencananya di lokasi yang sama, juga akan didirikan TPA, tafsir Al-Qur’an, Madrasah, hingga pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

Ketiga, pembangunan elevated rail simpang tujuh Joglo. Elevated rail atau rel layang digadang menjadi rel layang terpanjang di Indonesia yang dibiayai pemerintah pusat. Pembangunan proyek tersebut diharapkan dapat mengurai kemacetan yang kerap kali terjadi di simpang tujuh Joglo. Selain itu, adanya elevated rail ini, dinilai dapat mengangkat perekonomian di Kota Solo, khususnya Solo utara. Keempat, revitalisasi Technopark.  Pengembangan yang sedang berjalan, yakni adanya upaya kerja sama antara UMKM dengan Shopee, Bukalapak, Bank Mandiri, Tokopedia, dan Goto. Tak hanya memusatkan pada UMKM saja, Technopark juga menyediakan fasilitas pelatihan cyber security, pelatihan gaming, machine learning, pelatihan oil and gas, bahkan juga pusat research and development produk buatan Indonesia. Kelima, revitalisasi Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto. Rencananya lokasi ini akan menjadi sentra UMKM dan area pementasan seni budaya Solo. 
Keenam, revitalisasi kebun binatang Jurug. Pembangunan tersebut ditandai adanya penandatanganan MoU dengan PT Taman Safari Indonesia sebagai investor. Kedepannya, Kebun Binatang Jurug akan dijadikan kebun binatang modern dengan menampilkan hewan-hewan seperti pada habitat aslinya. Ketujuh, pembangunan shelter Manahan, yang dimulai pada bulan Mei 2022. Manahan menjadi salah satu tujuan sport tourism di Kota Solo, sehingga penataannya pun akan didesain lebih modern. Kedelapan, revitalisasi Lokananta dengan menambah fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan pementasan musik baik indoor maupun outdoor. Selain itu, akan ditambah pula sarana dan prasarana seputar musik dan ragam koleksi Lokananta yang dapat dijadikan rekreasi serta edukasi. Kesembilan, revitalisasi Taman Balekambang Solo. Lokasi ini merupakan pusat kebudayaan Jawa, utamanya budaya Kota Solo. di tempat ini kerap diadakan pertunjukkan kesenian Jawa, seperti wayang, tari, dan masih banyak lainnya. Untuk itu, Pemerintah Kota Surakarta berupaya menyediakan berbagai fasilitas pendukung tambahan di Taman Balekambang. Terakhir, yaitu adanya revitalisasi sentra IKM mebel Gilingan. Dengan adanya revitalisasi ini, sentra IKM akan ditingkatkan menjadi pusat mebel layak ekspor.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

17

Visits total

418,879

Visitors total

326,825

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta