Pemerintah Kota Surakarta
Lestarikan Lingkungan Melalui Berbagai Komunitas di Surakarta
  May 23, 2022 13:30

Kota Solo memiliki cukup banyak komunitas, dari komunitas seni, budaya hingga komunitas pelestarian lingkungan. Komunitas Onthel Lawas Solo, Komunitas Solo Bersih dan Komunitas Joli Jolan adalah contoh dari komunitas yang melestarikan lingkungan. Ketiga komunitas tersebut merupakan komunitas sepeda onthel, komunitas peduli lingkungan Surakarta, dan juga komunitas daur ulang barang yang sudah tidak terpakai. 

Komunitas Onthel Lawas Solo dibentuk sejak 8 Agustus 2008, komunitas ini memiliki pendekatan seni, budaya, sejarah, tradisi dan lingkungan. Sepeda onthel memang pernah menjadi transportasi utama saat era kolonial Belanda. Supaya keberadaan benda bersejarah ini tidak hilang, dibentuklah Komunitas Onthel Lawas Solo yang sekaligus menjadi salah satu cara untuk ikut berpartisipasi dalam isu pemanasan global.

Komunitas Solo Bersih didirikan pada 21 September 2019, seperti namanya, tujuan dibentuknya komunitas ini adalah untuk menciptakan Surakarta yang lebih bersih. Komunitas Solo Bersih berfokus dalam bidang pemberdayaan lingkungan dengan anggota relawan yang sudah terseleksi dan memiliki rasa peduli pada isu-isu lingkungan. 

Komunitas Joli Jolan berdiri sejak 21 Desember 2019, nama Joli Jolan berasal dari istilah Jawa “ijol-ijolan” yang berarti tukar-menukar. Komunitas ini dibentuk sebagai ruang solidaritas melalui barter dan berbagi barang gratis, sekaligus menjadi perlawanan kecil terhadap gaya hidup konsumtif dalam masyarakat. Joli Jolan menjadi ruang publik untuk berbagi barang yang layak pakai, siapapun dapat mendonasikan barangnya di komunitas ini. 

Komunitas-komunitas tersebut memiliki ciri khasnya tersendiri, tetapi ketiga komunitas di atas memiliki sebuah tujuan yang sebenarnya tidak jauh berbeda, yaitu menjaga dan melestarikan lingkungan. Komunitas sepeda onthel mengajarkan kita untuk mengurangi polusi udara dan hemat energi, Komunitas Solo Bersih mengajarkan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, sedangkan Komunitas Joli Jolan mengajarkan untuk tidak membuang barang yang sudah tidak terpakai, lebih baik jika didonasikan. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta