Macapat, Puisi Berlagu Jawa yang Menceritakan Perjalanan Hidup Manusia
May 26, 2022 15:45
Kota Solo Semakin Go-Digital dengan E-Retribusi
May 27, 2022 13:03

Surat Edaran Pemberlakukan Solo Car Free Day

Walikota Surakarta mengeluarkan Surat Edaran Nomor HB.00/1796/2022 tentang Pemberlakukan Kembali Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Kota Surakarta (Solo Car Free Day). Adapun Surat Edaran ini menindaklanjuti dari Surat Edaran Walikota Surakarta Nomor KS.00.23/1716/2022 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2.

Kegiatan Solo Car Free Day (CFD) merupakan bentuk partisipasi Kota Surakarta dalam upaya menurunkan emisi gas buang kendaraan, dalam rangka mengurangi efek pemanasan global. Kemudian, dengan adanya CFD, dapat meningkatkan kegiatan berkumpul atau srawung warga Solo dan sekitarnya, serta dapat menjadi sarana untuk berolahraga. Selain itu, CFD juga merupakan bentuk pemulihan ekonomi Kota Solo yang sempat terhambat kondisi pandemi Covid-19. Hal ini mendukung upaya pemulihan kebijakan ekonomi nasional. 

Pelaksanaan CFD sendiri rutin setiap hari Minggu, mulai pukul 05.00 sampai 09.00 WIB. CFD yang digelar kembali pada tanggal 15 Mei 2022, memiliki perbedaan dengan tahun-tahun sebelumnya, utamanya pada lokasi penutupan jalan yang digunakan. Lokasinya berada di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai dari Apill Purwosari sampai Bundaran Gladag, dan Jalan Sudirman mulai dari Bundaran Gladag sampai Bundaran Balaikota (jalur sisi timur). 

CFD yang vakum beberapa tahun, diperkirakan akan menimbulkan banyaknya antusiasme dari pengunjung. Mengingat, pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya usai, oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk tidak abai terhadap penerapan protokol kesehatan. Tak cukup sampai disitu, masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti vaksinasi, meliputi dosis 1, dosis 2, dan booster. Demikian, bermaksud untuk membentuk imunitas tubuh yang kuat, sehingga mampu terlindungi dari virus Covid-19. 

Diharapkan dengan dibukanya CFD, dapat membuka peluang bagi pelaku UMKM Solo dan sekitarnya untuk berlapak kembali di CFD. Disediakan pula, tenda vaksinasi Covid-19 gratis yang berlokasi di Ngarsopuro, bagi masyarakat yang belum memperoleh vaksin. Untuk mendukung tujuan dari hari bebas asap, simpan rokokmu, ketika mengunjungi lokasi CFD. Tak lupa, untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, agar tercipta Kota Solo yang asri dan bersih, bebas dari asap serta sampah.

Comments are closed.