Surat Edaran Pemberlakukan Solo Car Free Day
May 26, 2022 16:10
Mengenal Tugu Jam Pasar Gede yang Sering Tertukar dengan Tugu Pemandengan
May 27, 2022 14:06

Kota Solo Semakin Go-Digital dengan E-Retribusi

Kota Solo memang sudah sering dijadikan kota Model dalam menerapkan konsep smart city. Selain telah mengembangkan aplikasi Solo Destination sebagai city guide berbasis teknologi, Kota Solo juga telah mengaplikasikan penggunaan sistem elektronik dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. 

Pelibatan teknologi digital ini dapat dilihat mulai dari masalah lalu lintas sampai dengan peningkatan transparansi PAD atau pendapatan asli daerah melalui E-Retribusi dengan aplikasi E-Retribusi Pasar (Tape Pasar). Selama ini E-Retribusi di Kota Solo telah dilakukan dengan berbagai metode, termasuk tapping, QRIS, dan sekarang berkembang melalui metode E-Retribusi virtual account 

E-Retribusi adalah layanan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Surakarta, untuk melayani pemesanan, pendataan, penetapan dan pembayaran retribusi pada objek-objek tertentu dalam wilayah Kota Batik ini. 

Layanan ini telah diluncurkan sejak tahun 2016, dan terus mengalami pengembangan dan evaluasi, hingga pada tahun 2021 telah resmi diluncurkan e-retribusi Pasar Kota Surakarta, melalui bantuan Dinas Perdagangan untuk menerapkan penarikan retribusi elektronik di pasar tradisional Surakarta. 

E-Retribusi dikembangkan selain untuk menciptakan cashless society dan smart city, juga untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hasil retribusi. Sehingga Pemerintah Daerah dapat mengelola keuangan benar-benar dengan baik, dan dapat dipantau langsung oleh para pedagang. 

Dengan adanya kebijakan e-retribusi, pengelolaan PAD dari hasil retribusi dapat berjalan dengan maksimal, dan t kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam pengelolaan keuangan, pun, semakin meningkat.

Comments are closed.