Pemerintah Kota Surakarta
Belum Vaksin dan Booster? Yuk Merapat ke Area Ngarsopuro CFD!
  June 5, 2022 14:47

Pemerintah Kota Surakarta mengadakan CFD (Car Free Day) perdana setelah dua tahun vakum, pada 15 Mei 2022. Dalam momen CFD ini, telah dimanfaatkan untuk berbagai acara, salah satunya kegiatan vaksinasi dan booster. Kegiatan vaksinasi diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Surakarta, vaksin yang tersedia yaitu vaksinasi dosis 1, 2, dan vaksin booster. Untuk mengikuti kegiatan ini, masyarakat tidak perlu mendaftar di aplikasi, cukup datang ke area Ngarsopuro, petugas siap untuk melayani.

Kegiatan vaksinasi diadakan setiap hari Minggu saat CFD berlangsung, pukul 06.00 – 08.30 WIB. Tersedia tiga macam vaksin yaitu Astrazeneca, Covovax, dan Sinovac (untuk usia 6-11 tahun). Syarat yang diperlukan untuk vaksinasi, antara lain e-KTP dan bolpoin, syarat peserta yaitu berusia 6 – 11 tahun dan 18 ke atas, kondisi badan sehat. Sedangkan untuk booster, perlu untuk menunjukkan bukti vaksin dosis 1 dan 2 dengan jenis vaksin Sinovac, Coronavac, Bio Farma atau Astrazeneca, serta sudah lebih 3 bulan dari vaksin dosis kedua. 

Kegiatan vaksinasi di CFD ini diharapkan dapat menjaring warga yang mungkin belum vaksin. Terhitung sudah tiga kali kegiatan vaksinasi di CFD berlangsung, dan antusiasme masyarakat cukup tinggi. Selain yang memang sudah mempersiapkan diri untuk vaksinasi banyak juga warga yang datang secara spontan disela-sela kegiatannya menikmati CFD.

Untuk bisa lebih menarik peserta, petugas menyediakan bingkisan berisi makanan dan perlengkapan mandi untuk peserta vaksinasi. Bingkisan-bingkisan tersebut merupakan support dari donatur. Sistem vaksinasi ini memang cukup datang saja, tetapi setelah itu ada beberapa tahap yang perlu dilalui yang sesuai dengan standar vaksinasi. 

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan di Ngarsopuro ini menggunakan bus dalam pelaksanaan vaksinasinya, bus yang digunakan setidaknya memiliki enam anak tangga, namun untuk peserta lansia yang merasa kesusahan, akan dibantu dengan sepenuh hati oleh petugas yang berjaga. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,326

Visitors total

330,664

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta