Pemerintah Kota Surakarta
Yuk Kenali Atribut Resmi Petugas Sensus Penduduk (SP2020) Lanjutan
  June 6, 2022 15:23

Pemerintah Kota Surakarta mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk (SP2020) Lanjutan yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Agenda ini merupakan serangkaian sensus penduduk di tahun 2020 lalu. Pemerintah Kota Surakarta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk membantu mensukseskan program yang dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2022. 

SP2020 adalah pendataan penduduk yang mencakup jumlah penduduk, etnis, agama, pekerjaan dan lain sebagainya. Sensus penduduk sendiri dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali. Program ini dilakukan guna pemenuhan data penduduk yang terus berubah dan meningkat setiap tahunnya. Pendataan ini bertujuan untuk mendapatkan data-data terkait parameter demografi (kelahiran, migrasi dan kematian) yang akurat dan lebih lengkap seperti disabilitas, pendidikan, ketenagakerjaan, perumahan dan informasi penting lainnya. 

Survey untuk sensus penduduk ini dilakukan dengan cara kunjungan oleh petugas sensus ke rumah-rumah warga yang terpilih untuk didata. Karena itu, jika rumah anda kebetulan didatangi oleh petugas sensus lanjutan, maka pastikan petugas yang datang adalah petugas resmi dari BPS. 

Lalu bagaimana ciri-ciri petugas sensus yang resmi tersebut?  Ciri-ciri petugas sensus yang resmi diantaranya:

  • Memakai tanda pengenal bertuliskan nama petugas dari Badan Pusat Statistik (BPS). 
  • Memakai rompi berwarna biru tua dengan logo BPS, Sensus Penduduk 2020 dan ada tulisan “PETUGAS SENSUS” di punggung. 
  • Membawa surat tugas resmi dari BPS kabupaten/kota setempat.
  • Membawa tas punggung berwarna hitam dengan logo BPS dan Sensus Penduduk 2020. 
  • Petugas sensus juga dilengkapi dengan APD berupa masker, face shield serta hand sanitizer demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama. 

Selain itu, warga juga bisa melakukan pengecekan petugas tersebut resmi atau tidak bisa dengan cara scan barcode di tanda pengenal yang digunakan. Selain itu anda juga harus memastikan dan mengecek kelengkapan atribut dari petugas yang datang agar tetap aman. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

246

Visitors today

193

Visits total

380,842

Visitors total

298,062

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta