Pemerintah Kota Surakarta
Wacana Penetapan Hari Kebaya Nasional
  June 7, 2022 15:23

Usulan Hari Kebaya Nasional yang diawali dari usulan Komunitas  Perempuan Berkebaya Indonesia, mendapat persetujuan dari Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Keputusan ini dilatarbelakangi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme diantara masyarakat, khususnya bagi perempuan Indonesia. Selain itu, dukungan Kemenko PMK berdasarkan atas kriteria, antara lain kebaya tidak mencerminkan kedaerahan, kebaya terdapat di seluruh wilayah Nusantara, kebaya bisa dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat, kebaya mudah didapat, kebaya mudah dalam perawatannya, kebaya bisa diperoleh dengan harganya terjangkau, serta kebaya mengandung unsur etika dan estetika berbusana.

Menindaklanjuti wacana penetapan Hari Kebaya Nasional, telah diadakan Rapat Koordinasi Pengusulan Hari Berkebaya Nasional secara daring, pada  Kamis (3/6/2021).  Pertemuan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Nyoman Shuida, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri, Perwakilan Kemendikbud Ristek, Kemensetneg, pakar kebudayaan, serta perwakilan Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia.

Dalam penetapan Hari Kebaya, diperlukan beberapa tahapan yang harus dilakukan, meliputi tahapan seperti kajian ilmiah landasan pengusulan, dan tahapan menentukan pihak yang akan menjadi pemrakarsanya. Seluruhnya wajib disiapkan dan dirancang terlebih dahulu sebelum diusulkan kepada Presiden. Untuk mewujudkannya, diperlukan koordinasi yang matang antara Tim Nasional dengan menggandeng perwakilan komunitas, tokoh nasional, budayawan, akademisi, dan perwakilan masyarakat dari berbagai kalangan maupun profesi. 

Yayasan Kebaya Warisan Indonesia atau Kebaya Foundation merupakan salah satu komunitas yang ingin meletakkan kebaya dalam jati diri perempuan Indonesia. Diantaranya yaitu mendorong UNESCO agar menetapkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda dunia, mendorong pemerintah menetapkan Hari Kebaya nasional, mencanangkan berdirinya Museum Kebaya Nasional, memberikan literasi mengenai filosofi tentang kebaya dan perilaku sosial perempuan Indonesia, dan bahkan meningkatkan nilai sosial ekonomi kebaya yang berdampak positif bagi kalangan terkait.

Berkaitan dengan agenda tersebut, Tim Nasional juga mengadakan kerja sama dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yakni pada Sabtu, 4 Juni 2022, untuk menggelar Kirab Prajurit Keraton dan parade Kebaya Nusantara di Kota Solo. Adapun Solo berkesempatan menjadi tuan rumah acara ini, dikarenakan label Solo yaitu Kota Budaya, serta mayoritas perempuan Solo kerap menggunakan kebaya dalam kehidupan sehari-harinya. Acara ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi tentang penggunaan kebaya yang menjadi warisan budaya Indonesia. Harapannya agar masyarakat lebih mencintai dan terus melestarikan keberadaan kebaya sebagai Kebaya Nasional.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

19

Visitors today

14

Visits total

425,220

Visitors total

330,602

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta